Hukum Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 4 Lengkap Dengan Alasannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Teman-teman pembaca blog poskajian yang semoga selalu dalam rahmat Allah subhanahu wa ta'ala, kita akan belajar lagi tentang ilmu tajwid pada hari ini. Utamanya penerapan ilmu tajwid di dalam sebuah ayat Al-Quran. Lebih tepatnya, kita akan membahas tentang hukum tajwid Surat Al-Maidah ayat 4 lengkap dengan alasannya. Sedari awal jika kita punya keinginan bisa membaca sebuah ayat Al-Quran dengan baik dan benar maka belajar mengenai analisis tajwid menjadi perlu sekali. Mesti kita sisihkan sebagian waktu kita untuk itu. Nah, kali ini kami mengajak teman-teman untuk melihat uraian tajwidnya secara langsung berikut ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Maidah Ayat 4 Lengkap

Keterangan atau penjelasan lengkap dari nomor-nomor di bawah ayat di atas yakni:

1. Mad asli atau disebut juga mad thabi'i karena huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

4. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah tha. Dibaca idgham (masuk ke huruf tha ).

5. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.

8. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

9. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf jim. Dibaca secara jelas.

10. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Silakan baca juga : Doa Setelah Shalat Wajib Lengkap Dengan Artinya.

12. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu huruf bersukun, hamzah, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

13. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

14. Terdapat dua hukum di sini, pertama ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah mim berharakat dhamah. Cara membacanya dengan tebal.

16. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

17. Ada tiga hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah mim. Dibaca idgham (masuk ke huruf mim ). Kedua, ghunnah sebab mim  bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang selama 2, 4 atau 5 harakat.

18. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf sin. Cara membacanya dengan jelas.

19. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

20. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.

21. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah mim berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

22. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang selama 2 harakat.

23. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah qaf berharakat dhamah. Cara membacanya dengan tebal.

24. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

25. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

26. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu waqaf, hamzah, sukun, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

Baca pula : Doa Menjenguk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya.

27. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha'. Dibaca secara jelas.

28. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

29. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah ba diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 


Selesai sudah kita menganalisis hukum tajwid dari Al-Quran ayat 4 Surat Al-Maidah. Semoga analisis tajwid ini memberi banyak manfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Maidah Ayat 4 Lengkap Dengan Alasannya

0 comments:

Posting Komentar