Cara Menghemat Listrik Di Rumah

tips menghemat listrik di rumah

Teman-teman pembaca blog poskajian.blogspot.com yang semoga selalu mendapat rahmat dari Allah subhanau wa ta'ala. Kita akan membahas tips atau cara menghemat listrik di rumah. Masalah listrik ini memang penting sekali dibahas. Di zaman sekarang, semua orang tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan listrik. Energi listrik menjadi kebutuhan utama dari kehidupan rumah tangga untuk saat ini.


Kita bisa saksikan di sekitar kita. Hampir semua peralatan menggunakan energi listrik. Di masjid yang sering kita kunjungi untuk melaksanakan shalat wajib berjamaah lima waktu juga menggunakan listrik. Kalau di siang hari, listrik digunakan untuk menghidupkan sound system sehingga seorang bisa mengumandangkan adzan dengan keras. Suaranya bisa sampai ke jarak yang amat jauh. Bisa berkilo-kilo meter jauhnya. Dari lantunan adzan yang diteruskan lewat pengeras suara ini kita semua dapat mendengar adzan dengan baik dan jelas.


Di samping itu, ketika kita melaksanakan shalat jumat maka sang khotib bisa jelas suaranya dan keras bisa terdengar oleh kita karena menggunakan perlengkapan sound system. Dari suara yang keras dan jelas ini kita bisa memahami apa yang disampaikan oleh sang khotib kepada para jamaah shalat jumat. Demikian juga tatkala ada acara pengajian di masjid. Microphone menjadi alat yang amat penting. Di malam hari pun, masjid sangat memerlukan lampu penerangan. Semua itu karena adanya energi listrik.


Itu di masjid. Di rumah kita pun juga sangat memerlukan listrik ini. Di era sekarang ini, setiap rumah tangga biasanya memiliki aneka barang yang bisa beroperasi bilamana adanya energi listrik. Sama dengan di dalam masjid, tiap rumah pastinya terpasang lampu penerangan. Dinyalakan kalau malam hari sehingga kegelapan bisa hilang dengan adanya sinar dari lampu tersebut. Masih banyak peralatan elektronik yang ada di rumah. Hampir semuanya membutuhkan energi listrik.


Begitu akrabnya listrik dalam kehidupan manusia untuk saat ini. Kehidupan sehari-hari kita tidak jauh dari listrik. Tetapi, penggunaan listrik juga tidak gratis. Kita perlu membayar tagihan atau biaya listrik. Pemakaian listrik pun akan memberikan akibat kita mesti membayarnya. Baik itu yang menggunakan listrik pasca bayar atau pun listrik yang pra bayar. Kita akhirnya perlu melakukan penghematan dalam penggunaan listrik ini. Nah, ada beberapa cara menghemat listrik di rumah yang bisa kita coba lakukan. Silakan disimak berikut ini.

1. Bijak dalam pemakaian lampu penerangan rumah.

Lampu penerangan di rumah kita merupakan kelengkapan yang amat penting. Setiap ruangan di rumah mesti ada lampu penerangannya. Saat di malam hari lampu tersebut dinyalakan guna menjadikan ruangan menjadi terang benderang. Di kala, siang hari saat ruangan terlihat gelap misalnya pada musim penghujan maka dinyalakan pula lampunya. Begitu pentingnya keberadaan lampu tersebut. Tetapi, kita pun juga mesti bijak dalam pemakaian lampu penerangan rumah ini. Jika lampu di ruangan tidak sedang dipakai maka sebaiknya dimatikan saja. Misalnya, kita telah selesai belajar dan membaca Al-Quran maka langsung saja dimatikan lampunya. Termasuk kalau kita sedang tidur di malam hari, akan lebih baik pula agar lampu tersebut dimatikan saja. Apalagi kalau di siang hari. Sangat tidak tepat bila kita menyalakan lampu padahal sudah dalam keadaan terang.


2. Memilih jenis lampu LED.

Pemakaian energi listrik di rumah bisa dihemat dengan kita memilih jenis lampu untuk penerangan. Pilihlah jenis lampu LED untuk rumah kita. Lampu LED memiliki keunggulan hemat energi, tidak memancarkan panas yang berlebih, dan cahaya yang dihasilkan cukup terang. Tidak salah kalau kita mempercayakan jenis lampu yang dipasang di tiap ruangan pada rumah kita itu adalah jenis LED.


3. Memilih AC yang hemat energi.

Kebutuhan akan AC untuk saat ini amatlah besar dan cukup penting. Utamanya mereka yang ada di perkotaan. Suhu udara yang panas menjadikan seseorang rela mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit guna membeli dan memasang AC di rumahnya. Tetapi, konsumsi listrik dari AC ini memang cukup besar. Akan lebih baik bila kita memilih AC yang benar-benar hemat energi bila kita akan membelinya.


4. Membuat ventilasi yang baik di rumah.

Rumah yang memiliki ventilasi yang baik tentu sangatlah bagus. Para penghuninya akan merasa lebih nyaman dan enak. Betah rasanya tinggal di dalam rumah. Karena udara di dalamnya memang benar-benar nyaman. Dengan adanya ventilasi yang baik ini maka kita akan mengurangi penggunaan AC. Akhirnya, kita akan bisa menghemat penggunaan listrik di rumah.


5. Cabutlah kabel perangkat elektronik jika tak dipakai.

Berbagai perangkat elektronik di rumah memang perlu disambungkan ke sumber listrik. Misalnya saja charger untuk gadget kita. Kalau kita sudah selesai mencharger maka sebaiknya segera dicabut saja. Seolah ini sederhana saja. Akan tetapi, hal ini akan sangat bermanfaat dalam hal menghemat listrik di rumah tangga. Termasuk pada peralatan elektronik yang lainnya. Pastikan kita melakukan langkah-langkah tersebut.


6. Memasak nasi dengan air panas pada rice cooker.

Cara yang cukup praktis dalam rangka menghemat energi listrik. Kita perlu memilih air panas saat menanak nasi. Dengan begitu kerja dari rice cooker akan lebih ringan. Nasi pun akan segera lebih cepat masak. Akhirnya, jumlah listrik yang dikonsumsi rice cooker pun menjadi lebih sedikit.


7. Menanam tanaman di sekitar rumah.

Bagi teman-teman yang masih punya lahan yang kosong di sekitar rumah maka sebaiknya ditanami dengan aneka tanaman yang bermanfaat. Banyaknya tanaman di sekitar rumah akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk. Jika tidak punya lahan kosong mungkin bisa menaruh tanaman pada pot-pot yang menarik. Kita akhirnya akan mengurangi menyalakan AC. Listrik pun akhirnya bisa menjadi lebih hemat.


Itulah beberapa cara menghemat listrik di rumah. Dengan hematnya pemakaian listrik maka kita akan terkurangi pengeluaran bulanannya. Uang yang tersisa kita bisa digunakan untuk bersedekah membantu orang lain yang amat perlu uluran tangan. Bisa pula ditabung sedikit demi sedikit. Nantinya akan bisa dipakai untuk biaya yang lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Cara Menghemat Listrik Di Rumah