Tips Mengatasi Kebosanan Dan Kejenuhan Belajar Di Rumah

Mengatasi Kebosanan Dan Kejenuhan Belajar Di Rumah

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Tips mengatasi kebosanan dan kejenuhan belajar di rumah menjadi topik pembicaraan banyak orang. Sejatinya, murida atau siswa yang belajar di rumah itu tidak hanya dilakukan pada saat sekarang ini. Tak hanya dikerjakan pada saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Setelah seorang pelajar pulan dari sekolah maka di rumah ia tetap diperintahkan untuk belajar. Materi yang diberikan oleh Bapak/ Ibu Guru di sekolah hendaknya diulangi untuk dibaca dan dipelajari kembali. Maksud dari kegiatan ini yakni supaya seorang murid bisa lebih paham lagi dan menguasai materi pelajaran yang telah diterimanya.


Akan tetapi, selama pandemi ini memang porsi belajar di rumah sangatlah tinggi. Pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dilakukan dikarenakan memang pandemi belum berhenti. Pembelajaran akhirnya dilakukan secara online. Hal ini untuk menjaga atau melindungi para murid agar jangan sampai terkena penyakit COVID-19 ini. Ada kalanya setelah pemberian materi pelajaran maka ada tugas diberikan seorang guru kepada para muridnya. Pengumpulan tugas dilakukan melalui online dan terkadang pula bisa dikumpulkan di sekolah.


Porsi belajar di rumah pun akhirnya sangatlah besar pada saat pandemi ini. Handphone menjadi alat atau sarana penting dalam pembelajaran online. Tentu saja harus ada paket datanya juga supaya bisa terkoneksi ke jaringan internet. Hampir tiap hari seorang anak pelajar memegang handphone dan juga buku. Porsi yang tinggi belajar di rumah ini terkadang memberikan kebosanan dan kejenuhan tersendiri. Apalagi hal itu dilakukan dalam waktu yang lumayan lama. Nah, di sini kami mau berbagi tips untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan belajar di rumah. Silakan disimak berikut ini.

1. Mulailah dengan membaca doa sebelum belajar

Berdoa menjadi sangatlah penting untuk dilakukan. Jika kita ingin sukses dalam belajar maka mau tidak mau harus memohon pertolongan dari Allah subhanahu wa ta'ala. Dalam hal ini, kita berdoa dulu sebelum memulai aktivitas belajar. Tidak butuh waktu lama dalam membaca doa sebelum belajar ini. Hanya saja, perlu komitmen yang kuat sehingga tiap kali hendak memulai belajar di rumah tetap selalu berdoa. Akan lebih baik juga untuk membaca Al-Quran sebelum belajar. Misalnya membaca beberapa ayat atau surat-surat pendek di juz ke-30.


2. Membuat tempat belajar menjadi bersih

Tempat belajar di masa pandemi ini memang di rumah masing-masing. Di saat pandemi berakhir nantinya atau pun sebelum ada pandemi COVID-19 rumah pun tetap berfungsi sebagai tempat untuk belajar. Di rumah ada beberapa ruangan yang bisa kita pakai untuk belajar. Pastikan tempat yang kita pakai belajar itu memang nyaman. Kalau tempat tersebut kotor maka kita mesti menyapu atau mengepelnya terlebih dahulu. Jangan sampai kita menempati ruangan yang tidak enak atau nyaman. Bila terdapat sampah-sampah yang berserakan misalnya berupa plastik bungkus makanan atau pun kertas yang tidak dipakai maka perlu kita buang dulu ke tempat sampah.


3. Rapikan ruangan untuk tempat belajar

Setelah ruangan bersih maka akan menambah kenyamanan. Selain bersih, kita pun perlu merapikan ruangan tempat kita belajar. Pastikan ruangan tersebut rapi sehingga enak dilihat. Bagaimana pun saat kita belajar maka kita pun sering melihat kiri kanan dan berbagai hal yang ada di ruangan tersebut. Berbagai benda yang ada di ruangan tersebut sebaiknya harus dirapikan sehingga akan begitu enak dipandang.


4. Usahakan berpindah-pindah tempat belajarnya dan posisi duduknya

Saat belajar di rumah kita perlu untuk berpindah-pindah. Baik itu pindah tempat belajarnya atau pun posisi duduknya. Misalnya selama dua jam kita belajar di kamar. Maka dua jam kemudian kita belajar di ruang tamu. Perpindahan tempat belajar ini akan membantu mengatasi kejenuhan dan kebosanan. Termasuk juga posisi duduknya. Kita bisa geser kursi saat duduk. Ke kanan atau ke kiri misalnya. Saat di kamar kita bisa ubah arah pandangan kita. Contohnya, tadinya duduk menghadap ke meja belajar maka selanjutnya kita perlu menghadap ke jendela.


5. Menata ulang jadwal belajar

Perlu sekali kita mengatur jadwal belajar. Meskipun di kita punya waktu yang amat longgar untuk belajar. Tetap saja kita perlu menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Kita tidak gunakan seluruh waktu hanya belajar saja. Gunakan waktu secara bijaksana. Kegiatan beribadah, beristirahat, tidur, makan, olah raga, membantu orang tua harus juga diberi waktu. Ada jadwalnya untuk belajar dan ada pula jadwal untuk kegiatan yang lainnya. Dengan begitu kita tidak akan mudah jenuh dalam belajar. Berikan waktu untuk istirahat sebentar di saat belajar supaya pikiran tetap segar.


6. Memastikan koneksi internet bisa tetap stabil.

Dikarenakan kita belajar menggunakan metode online maka kita perlu jaringan internet yang stabil. Saat kita mengerjakan seluruh tugas yang diberikan maka kita akan lancar jaya. Koneksi internet yang stabil akan membuat kita tetap senang dan tidak mudah jenuh saat belajar. Saat kita memilih paket data maka perlu kita selektif. Pastikan operator seluler yang kita pilih tersebut bagus kualitasnya. Saat dipakai di rumah kita akan lancar dan tidak lemot.


7. Berikan waktu untuk berdiskusi dengan teman.

Meskipun kita belajar di rumah, tetap saja perlu untuk kita melakukan diskusi. Kegiatan diskusi bisa kita lakukan melalui online juga. Tidak bertatap muka langsung seperti pada umumnya. Bisa dengan menelepon atau pun berbincang-bincang melalui media sosial. Kalau pun bertemu langsung pun maka perlu memperhatikan protokol kesehatan yang benar. 


8. Mengakhiri belajar dengan berdoa

Setelah selesai belajar maka kita akhiri dengan membaca doa setelah belajar. Kita angin belajar yang telah kita lalui itu memberikan hasil yang baik. Ilmu yang bermanfaat bisa kita raih.


Amat pentingnya kita menjalani belajar di rumah tanpa bosan dan jenuh. Meskipun belajar di rumah namun tetap menyenangkan. Insya Allah, kita bisa sukses selalu dalam belajar. Demikian semoga artikel ini menambah manfaat bagi teman-teman pembaca sekalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Mengatasi Kebosanan Dan Kejenuhan Belajar Di Rumah