Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 5 Lengkap Disertai Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman yang semoga selalu mendapat rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala. Pada hari yang cerah ini kita akan membahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat  Al-Anfal ayat 5 lengkap disertai penjelasannya. Upaya mempelajari hukum tajwid mesti terus dilakukan. Dengan harapan, kualitas bacaan Al-Quran kita akan semakin baik dari hari ke hari. Tentu saja ini menjadi harapan kita bersama. Baiklah, langsung saja kita simak uraian lengkapnya berikut ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 5

Untuk keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni:

1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

2. Iqlab karena huruf nun sukun bertemu huruf ba. Cara membacanya dengan tanwin berubah menjadi mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.

3. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf ba berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

4. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha'. Dibaca secara jelas.

5. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Idgham bighunnah karena huruf qaf berharakat fathah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

8. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

9. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Nah, seperti itulah penjelasan hukum tajwidnya. Kini kita bisa manfaatkan dengan baik. Dibaca analisisnya dengan seksama sehingga akan bisa menjadi paham betul. Sekian, semoga bermanfaat analisis tajwid di atas. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 5 Lengkap Disertai Penjelasannya