Hukum Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 13 Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bertemu kembali dengan kami. Kali ini kita akan mempelajari hukum tajwid dari Surat Ar-Rahman ayat 13. Tidak hanya menyebutkan hukum tajwidnya saja tetapi juga akan dijelaskan hukum tajwid yang ada di ayat tersebut. Hal ini akan membantu teman-teman pembaca sekalian dalam mempelajari tajwid. Baiklah, kita langsung simak saja langsung uraiannya berikut.

Hukum Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 13

Untuk keterangan lengkap dari hukum tajwid ayat di atas adalah:

1. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

2. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu  waqaf, hamzah, sukun,dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

4. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Itulah penjelasan tajwidnya. Amatlah singkat dan jelas sekali. Kita tinggal mempraktekkan hukum tajwid tersebut dalam sebuah bacaan. Demikian semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 13 Dengan Penjelasannya