Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Smartphone

Tips memilih smartphone sesuai kebutuhan sangatlah penting untuk kita ketahui. Teman-teman pembaca poskajian.blogspot.com tentu sudah sangat akrab dengan yang namanya perangkat smartphone ini. Zaman sekarang ini sudah semakin sedikit orang yang tidak memiliki smartphone atau hp. Sekian banyak aktivitas manusia yang membutuhkan bantuan smartphone ini. Terutama berkaitan dengan aktivitas berkomunikasi antara satu orang dengan orang yang lainnya.


Melakukan komunikasi untuk saat ini caranya sudah bermacam-macam. Di zaman dahulu kita mungkin hanya mengenal komunikasi dengan surat menyurat jika antar orang jaraknya berjauhan. Namun, untuk saat ini kita bisa menggunakan smartphone atau pun hp. Berkomunikasi dengan orang yang jaraknya berjauhan cukup dengan menelepon. Atau bisa pula dengan menggunakan media sosial di smartphone kita.


Begitu pentingnya kita memiliki smartphone. Maka kita perlu memilikinya jika sebelum memang belum punya. Cara mendapatkan smartphone salah satunya dengan membelinya. Kita beli smartphone yang baru. Untuk membeli smartphone yang baru itu kita perlu tahu bagaimana caranya. Iya, cara memilih smartphone yang sesuai kebutuhan perlu kita ketahui. Berikut ini ada beberapa tipsnya. Silakan disimak dengan baik.

1. Memperhatikan daya tahan baterai.

Sebelum kita membeli smartphone maka kita perlu cek daya tahan baterainya. Hardware berupa baterai ini sangatlah penting. Ukuran baterai juga mempengaruhi bentuk dari smartphone tersebut. Memperhatikan daya tahan dari sebuah baterai menjadi amat penting. Semakin lama daya tahan dari baterai sebuah smartphone maka itu akan semakin bagus. Baterai yang bagus setidaknya berkapasitas paling tidak 2500 mAh. Jika kita bisa memilih yang berkapasitas lebih besar misalnya 3000 mAh maka itu akan semakin baik lagi. Terutama bagi kita yang sangat sibuk dalam menggunakan smartphone itu. Misalnya kita seorang yang berbisnis online menggunakan smartphone, tentu kita butuh baterai yang berkapasitas besar. Mengenai model baterai tanam dan model baterai bisa dicopot, kita bisa pilih sesuai kesukaan.


2. Mengecek sistem operasi dari smartphone yang akan dibeli.

Kita sangat perlu mengetahui mengenai operating system atau sistem operasi dari sebuah smartphone. Sebab kalau tidak ada OS (operating system) maka smartphone tidak bisa berjalan atau dioperasikan. Percuma saja kita punya smartphone baru namun tidak bisa dioperasikan sama sekali. Pada umumnya, OS yang paling sering dipakai ialah android. Pada sistem operasi android ini memiliki versi yang bermacam-macam. Semakin tinggi versinya maka akan semakin bagus. Misal ada versi android 2.0 dan 7.0. Maka yang lebih bagus ialah yang versi 7.0. Saran saja buat teman-teman pembaca agar memilih smartphone yang sistem operasi androidnya paling baru. Dari sini kita akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan bagus.


3. Mengetahui prosesor dari smartphone.

Prosesor sangatlah penting dalam hal kita ingin memilih smartphone. Semakin bagus prosesornya maka akan semakin kencang kekuatannya. Semakin tinggi spesifikasi prosesor maka kinerja dari smartphone pun akan semakin bagus pula. Sebagai tips dalam memilih prosesor, pilihlah smartphone yang memiliki prosesor dengan merk ternama dan berkualitas terbaik. Contoh prosesor yang bagus ialah Mediatek, Qualcomm Snapdragon, Exynos. Kita juga perlu memilih prosesor denga inti core yang banyak. Lebih banyak akan lebih baik. Misalnya disuruh memilih 2 core (dualcore) dan 6 core (hexacore), maka kita pilih yang 6 core. Termasuk juga kita pilih yang chipset dengan clockspeed tinggi. Setidaknya 1 GHz. Kalau ada yang lebih tinggi maka itu semakin bagus. Termasuk pula agar kita pilih prosesor yang cache cepat dan besar.


4. Memilih smartphone dengan RAM tinggi.

Random Access Memory atau biasa disingkat RAM menjadi hal yang amat penting untuk diperhatikan. RAM ini bermanfaat tatkala kita mengoperasikan beberapa aplikasi dengan waktu yang bersamaan. Ketika RAM nya besa maka meskipun kita operasikan berbagai aplikasi tetap saja bisa berjalan lancar. Setidaknya kita pilih smartphone yang ukuran RAM-nya minimal 1 GB. Semakin besar ukuran RAM-nya maka kinerja smartphone tersebut akan semakin cepat dan bagus.


5. Mengecek layar atau display.

Menjadi sesuatu yang penting agar kita pun memperhatikan atau mengecek layar dari smartphone. Untuk sebuah smartphone, layar memiliki fungsi yang amat penting. Layar tidak hanya menampilkan tulisan, foto, video, dan yang lainya. Akan tetapi, dari layar inilah kita bisa mengoperasikan sebuah smartphone. Maka perlu sekali untuk kita memilih layar yang terbaik. Beberapa layar yang memiliki kualitas yang bagus antara lain:

- layar tersebut punya pixel yang tinggi. Satuan dari ukuran pixel ini adalah ppi (pixel per inchi). Jika kita memilih kualitas layar yang bagus maka setidaknya memiliki ukuran 300 ppi ke atas.

- memilih resolusi layar yang bagus. Pastikan kita memilih layar yang punya resolusi setidaknya 1280×720 HD. Lebih dari itu maka akan lebih bagus.


6. Mempertimbangkan kualitas kameranya.

Setiap smartphone dilengkapi dengan kamera. Hardware berupa kamera ini amatlah penting karena dengan begitu kita bisa memotret dan juga merekam gambar dalam bentuk video. 


7. Mempunyai Internal ROM Storage.

Penyimpanan internal amatlah penting untuk dimiliki pada sebuah smartphone. Meskipun setiap smartphone punya penyimpanan internal tetapi kemampuanya menyimpannya berbeda-beda. Punya kapasitas yang berbeda-beda satu sama lain. Sebaiknya kita memilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar. Di era sekarang ini, kita biasa menyimpan file-file di dalam smartphone, baik itu berupa file dokumen, gambar, audio, video, screnshot, dan yang lainnya. Kita butuh kapasitas penyimpanan yang besar. Disarankan memilih smartphone yang punya kapasitas penyimpanan internal paling tidak 16 GB. Akan lebih baik bila memilih yang punya kapasitas penyimpanan 32 GB ke atas. 


8. Periksa ketersediaan slot micro-sd tambahan.

Ini juga menjadi hal yang penting. Masalah kekurangan media penyimpanan internal bisa diatasi dengan kita menambahkan SD card external. Harga dari SD card external ini pun juga tidaklah mahal.


9. Mempertimbangkan harga dari smartphone.

Harga juga menjadi perhatian kita. Pastikan kita memilih smartphone dengan harga yang terjangkau. Setidaknya harga dari ponsel tersebut bisa dijangkau oleh uang di dompet kita. 


Demikian tips memilih smartphone sesuai kebutuhan kita. Dengan tepat dalam memilih smartphone maka kita akan bisa lebih maksimal dalam pemanfaatannya. Smartphone kini sangatlah bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bisa digunakan untuk belajar, mencari informasi berita, mengetahui informasi harga-harga barang, untuk transfer uang, dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk teman-teman semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan