Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 31 Lengkap Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sukses untuk teman-teman semuanya di hari ini. Mengawali hari ini kita akan mempelajari analisis hukum tajwid dari Surat Al-Isra ayat 31 dilengkapi dengan penjelasannya. Di dalam ayat tersebut kita akan memperoleh berbagai macam hukum tajwid. Ketika kita sudah mengetahui berbagai hukum tajwid yang terdapat pada ayat tersebut maka nantinya tidak akan ada kesulitan lagi di kala akan membacanya. Baiklah, kita langsung saja menyimaknya sehingga lebih jelas nantinya.

Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 31

Berkenaan tentang penjelasan dari hukum tajwidnya yakni:

1. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu waqaf, hamzah, sukun, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Qalqalah sughra sebab huruf qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan dengan ringan.

3. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang selama 2, 4 atau 5 harakat.

4. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

5. Mad asli atau mad thabi'i sebab huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Sedangkan untuk cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf kha. Cara membacanya dengan jelas.

7. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf lam. Untuk cara membacanya dengan jelas.

8. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu sukun, hamzah, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah qaf diwaqaf. Mengenai cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 

10. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.

11. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

12. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

13. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya dengan jelas.

14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

15. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah tha berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Selanjutnya, untuk cara membacanya dipantulkan secara ringan.

16. Ikhfa karena huruf hamzah berharakat fathah tanwin bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

17. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. Mad 'iwadh sebab huruf ra berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya selama 2 harakat. 


Begitu lengkap sekali. Kini teman-teman bisa mempelajari hukum tajwid pada ayat tersebut dengan mudah. Untuk selanjutnya, kualitas bacaan kita pun akan menjadi baik ketika kita sudah mengetahui hukum tajwid pada sebuah ayat yang hendak dibaca. Selamat membaca ayat Al-Quran dengan sebaik-baiknya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 31 Lengkap Penjelasannya