Sebutkan Isi Perjanjian Hudaibiyah

isi perjanjian hudaibiyah

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Saya mendapati pertanyaan sebutkan isi perjanjian hudaibiyah. Terus saya belum mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Mohon saya diberi penjelasan mengenai isi dari perjanjian hudaibiyah tersebut. Terima kasih atas jawabannya.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Perjanjian hudaibiyah menjadi bagian dari sejarah perjuangan dakwah Rasulullah shalallahu 'laihi wa sallam beserta para sahabatnya. Rasulullah dan para sahabat hijrah ke Madinah dari Makkah. Di saat di Madinah tersebut, ada rencana dari Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam serta para sahabat untuk menunaikan ibadah umrah ke Makkah. Jumlahnya tidak sedikit yang akan berangkat umrah tersebut. Ada sekitar 1400 orang.


Orang-orang kafir di Makkah pada saat itu tidak memperkenankan Rasulullah dan para sahabat memasuki kota Makkah. Mereka menyiapkan pasukan untuk menghalangi Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Supaya tidak terjadi pertumpahan darah maka Rasulullah mengambil langkah untuk melakukan diplomasi atau perundingan dengan orang kafir Quraisy.


Nah, tempat untuk melaksanakan perundingan ini di daerah hudaibiyah. Letaknya sekitar 20an kilometer dari kota Makkah. Itulah mengapa perundingan atau perjanjian tersebut dinamakan hudaibiyah. Waktu terjadinya perjanjian hudaibiyah ini pada bulan Dzulqadah tahun 6 Hijriyah. Mengenai isi dari perjanjian tersebut, adalah:

1. Tidak saling menyerang atau melakukan gencatan senjata antara kaum muslimin dengan penduduk Mekah selama sepuluh tahun.


2. Kaum muslimin menunda untuk Umroh dan diperbolehkan memasuki kota Mekah pada tahun berikutnya dengan tidak membawa senjata kecuali pedang dalam sarungnya serta senjata pengembara serta dengan syarat hanya bermukim tiga hari.


3. Siapa saja yang datang ke Madinah dari kota Mekah harus di kembalikan ke kota Mekah. Siapa saja dari penduduk Madinah yang datang ke Mekah, maka tidak boleh dikembalikan ke Madinah.


4. Diperkenankan siapa saja di antara suku-suku Arab untuk mengikat perjanjian damai dan menggabungkan diri kepada salah satu dari kedua pihak. Ketika itu, suku Khuza’ah menjalin kerja sama dan mengikat perjanjian pertahanan bersama dengan Nabi Muhammad saw. dan Bani Bakar memihak kaum musyrik.


5. Kesepakatan ini disetujui oleh kedua belah pihak dan tidak boleh ada pengkhianatan atau pelanggaran.


Itulah isi dari perjanjian hudaibiyah yang amat terkenal tersebut. Demikian penjelasan kami semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Sebutkan Isi Perjanjian Hudaibiyah