Hukum Tajwid Surat Yusuf Ayat 12 Lengkap Dengan Pembahasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Banyak sekali pembahasan hukum-hukum tajwid yang telah kami tuliskan di blog ini. Pada hari ini, yang akan kami tuliskan yakni mengenai analisis hukum tajwid Surat Yusuf ayat 12. Tentu saja lengkap dengan penjelasannya. Untuk itu kami mengajak teman-teman untuk menyimak hasil analisisnya.

Hukum Tajwid Surat Yusuf Ayat 12

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu:

1. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Idgham bighunnah karena huruf dal berharakat fathah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

3. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

4. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha' berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Setelah kita menyimak dengan seksama. Kita akan menjadi paham atas hukum-hukum bacaan yang ada di dalam ayat 12 dari Surat Yusuf tersebut. Tinggal sekarang dipraktekkan ke dalam bacaan nanti ketika membacanya. Demikian semoga memberikan manfaat. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yusuf Ayat 12 Lengkap Dengan Pembahasannya