Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 57 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman yang berbahagia. Kali ini kami akan sajikan hasil analisis tajwid dari Surat Yunus ayat 57 dilengkapi dengan penjelasannya. Mengerti tentang masalah tajwid memang amat penting. Dengan mengetahui berbagai hukum tajwid maka kita akan semakin meningkat kemampuan berkaitan dengan bacaan Al-Quran. Tiap muslim tentu akan memiliki perhatian lebih terhadap Al-Quran. Perhatian itu bisa diwujudkan salah satunya dengan sering membacanya. Apalagi bila sudah masuk bulan ramadhan. Frekuensi membaca Al-Quran akan lebih baik bagus bila diperbanyak lagi. Hal yang sudah menjadi kebiasaan penting bahwa di bulan suci Ramadhan itu diisi dengan membaca Al-Quran. Untuk membantu teman-teman pembaca yang akan membaca ayat Al-Quran, berikut ini analisis hukum tajwid Surat Yunus ayat 57 yang disertai dengan penjelasannya.

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 57


Keterangan lengkap bisa disimak di bawah ini:

1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

2. Ada tiga hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

4. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

5. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

6. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

Baca juga : Lafadz bacaan talbiyah dalam haji.

7. Idgham bighunnah karena huruf ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

8. Idgham bilaghunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf ra bertasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.

9. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.

10. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

11. Idgham bilaghunnah karena huruf hamzah berharakat dhamah tanwin bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.

12. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

13. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).

14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. Idgham bighunnah karena huruf dal berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

16. Idgham bilaghunnah karena huruf ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.

17. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Demikian kita telah membahas hukum tajwid dari Surat Yunus ayat 57. Kiranya dengan pembahasan tajwid seperti ini akan menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 57 Lengkap Dengan Penjelasannya