Yang Mengasuh Dan Mengawasi Maryam Ketika Masih Kecil Adalah

Yang Mengasuh Dan Mengawasi Maryam Ketika Masih Kecil


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Mau tanya ya, Pak? Itu lho, yang mengasuh dan mengawasi Maryam ketika masih kecil adalah siapa? Saya pernah mendengar kisah Maryam ini tetapi tidak lengkap. Maka perlu sekali saya tanyakan di sini. Mohon pencerahan dan penjelasannya. Terima kasih.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Memang kisah Maryam ini amat penting untuk kita ketahui. Ada beberapa ayat Al-Quran yang mengisahkan tentang Maryam yakni:

1. Surat At-Tahrim ayat 12

yang artinya: dan Maryam putri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari roh (ciptaan) Kami; dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya; dan dia termasuk orang-orang yang taat.


2. Surat Ali-Imran ayat 42

yang artinya: Dan (ingatlah) ketika para malaikat berkata, "Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu di atas segala perempuan di seluruh alam (pada masa itu)."


3. Surat Maryam ayat 23

yang artinya: Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, "Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan."


Bahkan nama Maryam sendiri dijadikan nama Surat dalam Al-Quran. Surat Maryam adalah surat ke-19. Setelah Surat Al-Kahfi. Wanita bernama Maryam binti Imran ini memang kerap kisahnya diceritakan. Dari cerita atau kisahnya kita bisa mengambil banyak sekali pelajaran yang berharga untuk kehidupan ini.


Berkaitan dengan siapa yang mengasuh dan mengawasi Maryam ketika masih kecil? Ini memang bagian dari kisah Maryam itu sendiri. Sosok yang mengasuh dan mengawasi Maryam saat masih kecil adalah Nabi Zakaria alaihi salam. Maryam sendiri merupakan keponakan dari Nabi Zakaria alaihis salam. Ibu dari Maryam ialah Hannah. Yang mana Hannah ini adalah adik dari istri Nabi Zakaria alaihi salam. Maryam putri dari Imran yang merupakan suami dari Hannah. Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan. Semoga menambah manfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Yang Mengasuh Dan Mengawasi Maryam Ketika Masih Kecil Adalah