Dalam Bahasa Agama Durhaka Kepada Orang Tua Dinamakan

durhaka kepada orang tua dinamakan


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Ini mau tanya Pak? Kaitannya dengan hubungan seorang anak dengan orang tuanya. Kalau dalam bahasa agama durhaka kepada orang tua dinamakan apa ya, Pak? Maksudnya istilah dalam agama Islam apa? Trima kasih banyak sebelumnya.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Agama Islam sangat memperhatikan masalah bakti kepada orang tua. Sebaliknya, ajaran agama Islam juga sangat melarang tindakan durhaka kepada kedua orang tua. Nah, berkaitan dengan pertanyaan Anda. Dalam bahasa agama durhaka kepada orang tua dinamakan apa? Istilah dalam agama durhaka pada orang tua itu dinamakan 'Uquuqul Walidain.


Berbakti kepada kedua orang tua sangatlah penting dalam hidup ini. Orang tua adalah orang yang paling berjasa bagi anak-anaknya. Kedua orang tua lah yang merawat dan membesarkannya. Kemudian kedua orang tua mendidik dan juga menjadikan anak-anaknya menjadi orang yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. 


Ibunya telah melahirkan dengan bersusah payah dan taruhannya nyawa ketika proses kelahiran itu. Ayahnya berjuang dengan kerasnya untuk mencari nafkah guna menghidupi keluarganya. Panas terik matahari tidak dijadikan halangan berarti dalam berusaha mencari nafkah. Demikian juga dengan hujan yang begitu lebatnya tidak menyurutkannya untuk keluar rumah bekerja dan berusaha untuk mendapatkan nafkah bagi keluarganya.


Maka sudah sepantasnya seorang anak menjauhi durhaka kepada orang tua. Malah menjadi kewajiban bagi seorang anak untuk melakukan taat dan bakti kepada keduanya serta mendoakan mereka. Hal itu sebagaimana perintah Allah subhanahu wa ta'ala dalam Surat Al-Isra ayat 23-24, yang artinya:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."


Demikian sedikit penjelasan kami semoga bermanfaat. Wallahu 'alam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Dalam Bahasa Agama Durhaka Kepada Orang Tua Dinamakan