Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 48 Lengkap Beserta Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman, selama masa pandemi ini kita memang dianjurkan untuk lebih banyak di rumah dan menjauhi kerumunan. Banyak memakai masker menjadi perhatian yang penting pula. Adanya banyak waktu di rumah membuka peluang untuk kita lebih banyak belajar mengenai cara membaca Al-Quran. Kita bisa menggunakan waktu yang luang untuk belajar ilmu tajwid, yakni menganalisis untuk tiap ayat berkenaan tajwidnya. Satu diantara ayat Al-Quran yang penting untuk kita ketahui yakni Surat Al-An'am ayat 48. Baiklah, untuk itu kita langsung menyimaknya berikut ini ya.

Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 48


Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :

1. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

3. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf dzal.

7. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

9. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

12. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

13. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.

14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ya. Cara membacanya dengan jelas.

16. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Mungkin ini salah satu ayat Al-Quran bisa kami analisis tajwid untuk pertemuan pada saat ini. Akan tetapi, teman-teman jangan khawatir. Di blog poskajian ini kita akan menemukan banyak sekali ayat Al-Quran yang telah dianalisis hukum tajwidnya. Semua hasil analisis tersebut bisa disimak teman-teman semua. Harapan kami sebagai penulis di blog ini hal tersebut memberikan banyak manfaat buat semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 48 Lengkap Beserta Penjelasannya