Meminum Khamr Merupakan Cara Setan Untuk

Meminum khamr merupakan cara setan


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Selamat pagi pak. Saya mau tanya tentang minuman khamr. Meminum khamr merupakan cara setan untuk apa ya Pak? Katanya khamr itu minuman setan. Terima kasih banyak atas jawabannya.


Jawab :


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Khamr adalah minuman yang haram. Dilarang kita untuk meminumnya. Termasuk hal yang benar bila khamr disebut sebagai minuman setan. Meminum khamr merupakan cara setan untuk menghalang-halangi manusia dari mengingat Allah dan melaksanakan salat. Termasuk menjadikan manusia lupa untuk zikir kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.


Diantara dalil dari Al-Quran mengenai khamr atau minuman keras ini terdapat di dalam Surat Al-Maidah ayat 91:


نَّمَا يُرِيْدُ الشَّيْطٰنُ اَنْ يُّوْقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَآءَ فِى الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوةِ فَهَلْ اَنْتُمْ مُّنْتَهُوْنَ


Artinya:

Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti?


Sesuai dengan ayat tersebut, minum khamr juga akan menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara manusia. Jadi, amat tepat bila ada yang mengatakan bahwa khamr itu salah satu induk dari kejahatan.


Maka sebagai seorang muslim sangatlah penting untuk menjauhi minuman khamr ini. Dampak negatif dari meminum khamr ini sangatlah buruk. Sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim untuk menghindarinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Meminum Khamr Merupakan Cara Setan Untuk