Arti Lafadz Halalan Thayyiban Adalah

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Pak, saya ini sering mendengar nasihat dalam ceramah dari para kyai atau pun ustadz. Isinya nasihat begini. Kita diminta untuk memilih makanan yang halalan thayyiban. Yang ingin saya tanyakan itu, arti lafadz halalan thayyiban adalah apa ya Pak? Terima kasih atas jawabannya.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Memperhatikan dan mendengar ceramah agama dari para kyai dan ustadz menjadi sesuatu yang amat terpuji untuk dilakukan setiap muslim. Sudah selayaknya tiap muslim untuk senang mendengar nasihat-nasihat yang disampaikan oleh para ustadz dan kyai. Jika nasihat itu dijalankan dengan baik tentu akan sangat banyak manfaat yang akan kita peroleh dalam kehidupan ini.


Anda mendengar lafadz halalan thayyiban. Kalimat tersebut lengkapnya agar kita makan yang halalan thayyiban. Hanya saja arti lafadz halalan thayyiban adalah apa? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya kita melihat dulu tulisan halalan thayyiban dalam bahasa Arab berikut ini.

arti lafadz halalan thayyiban


Sedangkan untuk arti lafadz halalan thayyiban adalah halal lagi baik. Sudah sangat tepat nasihat bahwasannya untuk makan kita perlu memilih yang halal lagi baik. Dari makanan tersebut akan menjadikan kita punya energi dan kekuatan untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.


Lafadz halalan thayyiban terdapat di dalam Al-Quran tepatnya di Surat Al-Baqarah ayat 168. Terjemahan dari Surat Al-Baqarah ayat 168, yakni:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

artinya:

 "Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu."


Kemudian untuk makna halal ialah segala makanan yang tidak haram hukumnya. Siapa yang mengkomsumsinya tidak berdosa. Halal di sini ditinjau dari dua aspek. Pertama, halal dari sisi zatnya. Kedua, halal dalam arti cara memperoleh makanan tersebut. Sedangkan untuk makna thayyib adalah makanan tersebut baik dan bila dimakan maka tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.


Demikian penjelasan kami semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Arti Lafadz Halalan Thayyiban Adalah