Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 20 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman yang berbahagia, kita kembali lagi bersua dalam pembahan mengenai analisis tajwid. Yang akan kita bahas pada pertemuan kita ini yakni hukum tajwid pada Al-Quran Surat Al-Anfal ayat 20 lengkap beserta penjelasannya. Diantara waktu yang perlu kita luangkan dalam kehidupan ini ialah belajar mengenai tajwid.


Sebelum membaca ayat Al-Quran maka menganalisis hukum tajwidnya menjadi hal yang amat perlu untuk dilakukan. Baiklah, kita langsung saja melihat langsung urainnya.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 20


Penjelasan secara lengkap dari analisis tajwid di atas yakni :

1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

2. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).

3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tha berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah 'ain berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.

8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf sin berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

12. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

13. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 

14. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.

15. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Demikian penjelasan hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal ayat 20 lengkap sesuai penjelasannya. Semoga memberi manfaat kepada teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 20 Lengkap