Perlengkapan Penting Pengendara Sepeda Motor

Perlengkapan Penting Pengendara Sepeda Motor

Ada aneka perlengkapan penting bagi pengendara sepeda motor. Kini yang namanya kendaraan sepeda motor beroda dua menjadi alat transportasi yang dimiliki oleh banyak orang. Entah, itu orang yang ada di perkotaan atau pedesaan semua lebih memilih sepeda motor ini. Kendaraan beroda dua ini sebetulnya sudah lama dikenal masyarakat luas. Di Indonesia sendiri, jumlah kendaraan transportasi darat banyak didominasi oleh sepeda motor.


Banyak orang yang lebih memilih sepeda motor sebagai alat transportasi dikarenakan memang banyak alasan. Diantara alasan-alasan tersebut antara lain:

1. Harga sepeda motor relatif murah

Banyak orang memilih sebuah jenis kendaraan dikarenakan harganya yang relatif murah. Memilih membeli sepeda motor menjadi pilihan yang tepat. Meskipun harga sepeda motor baru relatif murah , akan tetapi tidak sedikit orang yang membelinya pun dengan harus menabung bertahun-tahun. Masalah uang memang menjadi hal utama. Meskipun mungkin kendaraan beroda empat seperti mobil dirasakan lebih nyaman tetapi bila tidak mampu membelinya maka perlu memilih alternatif lain. Itulah sepeda motor. Jika mau membeli sepeda motor yang sudah bekas maka akan lebih murah lagi tentu. Kalau membeli sepeda motor yang bekas maka harus benar-benar memilih yang masih layak jalan. Tidak ada kerusakan yang berarti pada sepeda motor tersebut. Jika membeli sepeda motor yang bekas ini maka banyak orang yang mampu membeli secara tunai atau cash.


2. Hemat bahan bakar

Bahan bakar sepeda motor harganya sekarang relatif tidak terlalu murah. Dengan memilih sepeda motor maka bahan bakar yang dibutuhkan tidaklah begitu besar. Sepeda motor dapat berjalan puluhan kilometer dengan satu liter pertamax atau pertalite. Tentu saja dengan uang sekitar sepuluh ribu rupiah kita bisa berjalan dalam jarak yang cukup jauh. Jika kita gunakan sepeda motor ke tempat kerja misalnya maka kita tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli bahan bakarnya. Jadi, ini akan menghemat uang kita.


3. Dapat dengan mudah menerobos kemacetan

Kondisi macet menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Kalau sedang bepergian lalu menghadapi macet maka rasanya ingin segera keluar dari kemacetan tersebut. Kendaraan roda dua sepeda motor dapat dengan mudah untuk keluar dari macet dengan mudah. Mengapa demikian? Sebab sepeda motor termasuk kendaraan kecil sehingga bisa masuk di sela-sela kendaraan besar seperti bus dan mobil maupun truk.


4. Harga suku cadang relatif murah

Setiap kendaraan memerlukan suku cadang. Dalam kurun waktu tertentu maka sepeda motor pasti harus ganti suku cadangnya. Misalnya saja ban. Ketika digunakan dalam kurun waktu tertentu maka mau tidak mau harus segera ganti ban. Tidak hanya ban saja. Dalam sepeda motor ada berbagai komponen mesin yang memang perlu diganti bila telah rusak.


5. Pajak sepeda motor lebih sedikit

Setiap kendaraan yang ada pasti harus membayar pajak setiap tahunnya. Dibandingkan dengan pajak sebuah mobil maka pajak dari sepeda motor memang lebih murah. Ini juga menjadi alasan banyak orang memilih sepeda motor sebagai kendaraan transportasinya. 



Maka menjadi sebuah hal yang wajar bila banyak orang memilih sepeda motor untuk kendaraan transportasinya. Adanya sepeda motor menjadikan urusan semakin mudah. Kita dapat bepergian kemana saja tanpa kesulitan. Masyarakat sangat memerlukan kendaraan sepeda motor tersebut.


Ketika kita hendak mengendarai sepeda motor maka perlu sekali kita membawa berbagai perlengkapan penting. Berbagai perlengkapan tersebut sangat membantu kita dalam berkendaraan. Bepergian atau perjalanan kita menjadi nyaman dan aman. Nah, beberapa perlengkapan yang hendaknya kita bawa ketika kita berkendaraan dengan sepeda motor bisa kita simak berikut ini:

1. Jaket

Ketika kita naik sepeda motor maka jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal. Fungsi jaket ini adalah perlindungan tubuh kita. Sebab saat kita berkendaraan sepeda motor itu kita akan terkena angin di perjalanan. Terpaan angin begitu kuat di dalam kita berkendaaraan. Tak ayal, nantinya dapat membuat kita kedinginan. Bahkan bisa jadi membuat kita sampai sakit.


2. Helm yang standar

Setiap helm yang ada tulisannya berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia) maka itu layak untuk dipilih dan dibeli. Setelah kita miliki helm SNI ini maka kita hendaknya memakainya saat berkendaraan sepeda motor. Fungsi helm ini sangatlah penting. Kita akan terlindungi ketika kita berkendaraan sepeda motor di jalan. Helm akan melindungi kepala kita.


3. Surat penting dalam berkendaraan

Kita perlu juga membawa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat ini penting untuk selalu dibawa saat kita berkendaraan di jalan. 


4. Jas hujan

Khususnya pada saat musim hujan maka kita perlu untuk membawa jas hujan. Jika kita tidak menggunakan jas hujan maka saat hujan kita akan basah karena terkena air hujan. Tentu saja ini akan membuat tidak nyaman perjalanan kita. Bahkan kalau kehujanan akan membuat seseorang bisa sakit.


5. Uang yang cukup

Uang sangatlah penting untuk dibawa di saat bepergian. Uang dibawa dengan maksud untuk berjaga-jaga. Kalau sesuatu harus dibeli ketika diperjalanan maka dengan uang yang kita bawa menjadi bisa kita beli. Meski pun saat ini uang bisa tersimpan pada kartu ATM atau pun aplikasi di HP. Tetap saja disarankan membawa uang cash karena itu akan lebih mudah dalam kondisi mendesak.


6. Membawa alat perbaikan sepeda motor

Perlu juga kita membawa beberapa kunci untuk perbaikan ringan sepeda motor kita. Kalau misalnya ada masalah di jalan maka kita bisa melakukan perbaikan seperlunya. Kunci busi misalnya. Satu jenis peralatan yang mesti dibawa.


Perlengkapan penting sepeda motor tersebut sangat diperlukan. Bila pada saat ini kita belum memiliki perlengkapan tersebut maka sudah selayaknya untuk dibeli. Manfaatnya sangat penting sehingga perlu diupayakan agar dapat memilikinya. Kami berharap artikel ini memberi sumbangsih pengetahuan yang berharga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Perlengkapan Penting Pengendara Sepeda Motor