Tulisan Arab Innamal A'malu Binniyat

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Begini Pak. Saya mau tanya tulisan arab innamal a'malu binniyat itu bagaimana? Saya sering mendengar namun tidak tahu sama sekali berkenaan dengan tulisan arabnya. Mohon dijelaskan dengan jelas ya Pak.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Sangat tepat bila Anda menanyakan tentang hal tersebut. Lafadz yang sudah sering didengar oleh indera dengar kita tentu akan mengundang pertanyaan bagaimana tulisan arabnya secara lengkap. Urgensi mengetahui tulisan arab menjadi penting sebab untuk bisa mengucapkan sebuah lafadz memang harus benar-benar mengetahuinya.


Jika tidak tahu tulisannya maka sangat mungkin tidak akan fasih dalam mengucapkannya. Baiklah, untuk tulisan arab innamal a'malu binniyat bisa disimak berikut ini:

tulisan innamal a'malu binniyat


Lafadz innamal a'malu binniyat sebetulnya merupakan bagian dari hadits Nabi Muhammad shalallahu 'alihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Lengkapnya hadits tersebut yakni:

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.


Kalau dalam berbagai kesempatan ceramah agama, sang penceramah mengucapkan lafadz tersebut maka itu sangatlah wajar. Hanya kita yang perlu belajar lebih jauh lagi. Termasuk pada kesempatan ini kita bisa mengetahui tulisan arabnya dengan baik.


Demikian semoga bermanfaat untuk Anda. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tulisan Arab Innamal A'malu Binniyat