Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 31 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Menikmati bacaan ayat suci Al-Quran dengan mendengarkannya menjadikan tentran hati. Alangkah bahagianya pula jika kita bisa membaca ayat-ayat Al-Quran seperti mereka yang punya bacaan tartil. Tentu akan semakin bahagia saja kita. Maka kita pun punya tekad dan semangat juga dalam belajar mengenai cara membaca Al-Quran.


Termasuk kala kita ingin membaca Surat Al-Baqarah ayat 31. Kita ingin bisa juga membaca ayat tersebut dengan tartil. Maka kita pun perlu mengetahui seluruh hukum bacaan yang ada di dalamnya. Oke, kami mengajak teman-teman semua untuk melihat analisis hukum tajwidnya di bawah ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 31


Terkait penjelasan lengkapnya adalah:

1. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.

3. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

4. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

6. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.

7. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

8. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

9. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Iqlab karena huruf nun sukun bertemu huruf ba. Cara membacanya dengan tanwin berubah menjadi mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.

11. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

12. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

13. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

baca juga : hukum tajwid Surat Al-Maun

14. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

15. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

16. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

17. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 

18. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf shad. Cara membacanya dengan jelas.

19. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf shad berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

20. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Kemudian mengenai arti atau terjemahan dari Surat Al-Baqarah ayat 31 yaitu:

Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, "Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!".


Demikianlah hasil analisis hukum tajwid yang terdapat pada ayat tersebut. Sekian dulu dan semoga bermanfaat untuk semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 31 Lengkap