Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 27 Beserta Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pembahasan terkait hukum tajwd memang sangat penting untuk kita ketahui. Pembelajaran cara membaca Al-Quran tidak bisa dilepaskan dengan hukum-hukum tajwid. Pengenalan hukum tajwid menjadi gerbang pembuka kemampuan seseorang dalam membaca Al-Quran.


Terkait hal itu, maka kiranya sudah tepat bila hari ini kita mempelajari analisis hukum tajwid Surat An-Nur ayat 27 lengkap dengan penjelasannya. Dari sini akhirnya kita akan siap untuk membaca ayat tersebut secara benar karena telah mengetahui hukum-hukum tajwidnya. Sebelum kita bisa baca ayat tersebut dengan tepat maka memahami aneka hukum tajwid di dalam menjadi langkah yang tidak boleh diabaikan. 


Teman-teman yang berbahagia. Berikut ini saya tuliskan analisnya. Selamat menyimak.

Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 27


Keterangan atau pun penjelasan dari hukum tajwid di atas yakni:

1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

2. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).

3. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

8. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ya berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Idzhar sebab huruf ta berharakat fathah tanwin bertemu huruf ghain. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

baca juga:

hukum tajwid Surat Al-Falaq

hukum tajwid Surat Al-Adiyat

11. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf ghain berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

12. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ya berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

13. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ha'. Cara membacanya dengan jelas.

14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ta berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. Mad tamkin sebab sebelum huruf wau sukun adalah huruf sin berharakat dhamah dan setelah huruf wau sukun bertemu huruf wau berharakat fathah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

17. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

18. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

19. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

20. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf kha. Cara membacanya dengan jelas.

21. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

22. Idgham bilaghunnah karena huruf ra berharakat dhamah tanwin bertemu huruf lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.

23. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya dengan jelas.

24. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.

25. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya huruf ra berharakat dhamah dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Seperti itulah analisis dan juga penjelasannya. Diharapkan nantinya penjelasan di atas akan memberi banyak manfaat buat teman-teman semuanya. Tidak ada kata terlambat dan bosan di dalam belajar tajwid ini. Kala nanti bingung lupa atas tajwid dari sebuah ayat maka tinggal buka aja blog poskajian ini. 


Kemudian mengenai arti atau terjemahan dari Surat An-Nur ayat 27 adalah:

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

Semoga bermanfaat bagi semuanya.Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 27 Beserta Penjelasannya