Tulisan Arab Qodarullah Wa Maa Syaa'a Fa'ala Dan Artinya

Assalaamualaikum. Pak, bagaimana tulisan arab qodarullah wa maa syaa'a fa'ala dan artinya? Saya mendapat sebuah pelajaran dari pengajian salah satunya untuk mengucapkan kalimat tersebut kala mendapat sesuatu yang tidak disenangi. Namun karena belum tahu akan tulisan arabnya saya mohon dijelaskan. Terima kasih Bapak. Atas penjelasanya.


Jawab :


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Ketika Anda senang dan suka mengikuti pengajian maka itu sebuah hal yang sangat tepat dan perlu untuk dilanjutkan. Dalam hidup ini kita perlu melakukan hal-hal yang positif. Agar hasilnya nanti juga positif. Kala kita belajar ilmu dengan ikut pengajian maka kita telah melakukan sesuatu yang positif.


Sebagai jawaban dari pertanyaan Anda, bagaimana tulisan arab qodarullah wa maa syaa'a fa'ala dan artinya? Silakan disimak tulisan arabnya di bawah ini.

Arti dan Tulisan Arab Qodarullah Wa Maa Syaa'a Fa'ala


Sesudah mengetahui tulisan arabnya dengan baik maka saya yakin Anda nanti akan lebih fasih kala membaca atau mengucapkannya. Bahasa Arab memang perlu kefasihan. Kita yang biasa dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia menjadi perlu tahu tulisan arab dari sebuah lafadz. Tidak hanya cukup dengan mendengarkannya saja. Hal ini supaya kita bisa tepat dan tidak salah pengucapan.

baca jugaTulisan Arab Hablum Minallah Hablum Minannas.

Selanjutnya, arti dari lafadz qodarullah wa maa syaa'a fa'ala adalah Allah telah menakdirkan dan apa yang Dia kehendaki Dia lakukan. Itulah artinya. Bila sudah tahu artinya maka semakin paham tentu. Jika sudah paham maka kita tidak bingung lagi ketika mungkin ada orang lain yang bertanya kepada kita. 


Kita sendiri juga akan bertambah khusyuk dalam mengucapkannya. Perlu kami tambahkan informasi bahwasannya lafadz tersebut dari sebuah hadit Nabi Muhammad SAW.

yang artinya :

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun masing-masing ada kebaikan. Semangatlah meraih apa yang manfaat untukmu dan mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan bersikap lemah. Jika engkau tertimpa sesuatu musibah janganlah mengatakan, "Seandainya aku berbuat begini dan begitu, niscaya hasilnya akan lain." Akan tetapi katakanlah, "Allah telah mentakdirkannya, dan apa yang Dia kehendaki Dia perbuat." Sebab, mengandai-andai itu membuka pintu setan." (HR. Muslim).


Tatkala sesuatu musibah telah terjadi, seseorang diperintahkan untuk tidak banyak berkata-kata yang kurang benar. Misalnya kita sering atau setidaknya pernah mendengar orang yang mengatakan "seandainya saya begini tentunya tidak akan demikian". Atau juga kata "andaikan saya tidak begini maka tentu begini". Dan masih banyak lagi yang serupa intinya.


Kata-kata tersebut dilarang untuk diucapkan oleh seorang muslim. Sebagai gantinya diperintahkan mengucapkan qodarullah wa maa syaa'a fa'ala. Demikian penjelasan kami semoga memberi manfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tulisan Arab Qodarullah Wa Maa Syaa'a Fa'ala Dan Artinya