Hukum Tajwid Bacaan Surat Yunus Ayat 89 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Hari ini saat saya menulis artikel tentang hukum tajwid bacaan Surat Yunus ayat 89 lengkap bertepatan dengan bulan Zulhijjah. Bulan yang mana di dalamnya kita merayakan hari raya idul adha. Sering diantara kita menyebut hari raya kurban.


Momen ibadah kurban bisa menjadi pemicu untuk kita meningkatkan ilmu agama kita. Satu hal diantaranya adalah ilmu tajwid. Dimana dalam ilmu tajwid itu menjadi bekal terbaik kala seseorang ingin bisa membaca ayat-ayat suci Al-Quran dengan baik. Maka tepatlah bila kita mulai mempelajari hukum tajwid surat Yunus ayat 89 ini.

Ketika kita membaca ayat tersebut nanti akan lebih lancar. Bacaanya pun akan menjadi tartil. Oke, teman-teman mari kita simak uraian hukum tajwidnya.

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf jim berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Idgham mutajanisain karena huruf ta sukun bertemu dengan huruf dal. Cara membacanya dengan memasukkan huruf pertama ke huruf kedua.
5. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad lazim musaqqal kalimi karena huruf mad bertemu dengan huruf nun bertasydid dalam satu kata. Cara membacanya  panjang 6 harakat kemudian dimasukkan ke huruf nun bertasydid.
10. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
11. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
13. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Itulah analisis hukum bacaanya. Kemudian, untuk terjemah ayat 89 dari Surat Yunus yakni: Dia (Allah) berfirman, "Sungguh, permohonan kamu berdua telah diperkenankan. Maka, tetaplah kamu berdua (pada jalan yang lurus) dan janganlah sekali-kali kamu berdua mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui."

Kami telah selesai mengulas dan membahas hukum tajwid Surat Yunus ayat 89 dilengkapi dengan penjelasannya. Mudah-mudahan ini memberi banyak manfaat buat teman-teman semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Bacaan Surat Yunus Ayat 89 Lengkap

0 comments:

Posting Komentar