Apa Bedanya Muhrim dan Mahram ?

Apa Bedanya Muhrim dan Mahram

Assalamualaikum wrwb.

Saya mau tanya, sebetulnya klo saya bilang muhrim dan mahram itu sama atau beda? Karena saya sering mendengar orang menyebut saudaranya sebagai muhrim sehingga tidak boleh dinikahi. Pada kesempatan lainnya juga ada orang yang berkata si A itu mahram bagi si B, sehingga tidak boleh menikah antara keduanya. Mohon penjelasannya. Jazzakallah.

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Antara muhrim dan mahram merupakan dua istilah yang berbeda. Namun, di percakapan sehari-hari terkadang banyak orang yang salah dalam memahami maknanya. Sehingga kerap dijumpai, istilah tersebut terbolak balik dalam penggunaannya. Baiklah, akan kami jelaskan berikut ini.
1. Muhrim adalah orang yang sedang melaksanakan ihram. Ini adalah salah satu rukun haji dan umrah. Tatkala seseorang mau berhaji dan umrah serta telah memasuki miqat, maka ia memakai pakaian ihram dan juga menjauhi semua larangan dalam ihram. Dalam penulisannya huruf ro' berharokat kasrah dan huruf mim berharokat dhommah.

2. Sedang mahram ialah sekelompok orang yang diharamkan untuk dinikahi karena berbagai sebab. Pada penulisannya, huruf ro' berharokat fathah dan huruf mim juga berharokat fathah.

Dari penjelasan tersebut, kedua istilah di atas akan sangat jauh perbedaannya. Bahkan antara keduanya tidak berhubungan sama sekali. Wallahu 'alam. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Bedanya Muhrim dan Mahram ?