Doa Keluar Rumah Lengkap Dengan Arab Arti Dan Keutamaannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kita amat berkepentingan untuk mempelajari doa keluar rumah lengkap dengan arab latin arti dan keutamaannya. Seorang muslim sudah selayaknya memperhatikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Utamanya setiap saat kita berada di rumah. Maka akhlak ketika di rumah ini menjadi banyak menuntut perhatian dari diri kita. Jikalau kita tidak memperhatikan dengan baik masalah akhlak di rumah maka kita meninggalkan sesuatu yang amat penting.

Ada banyak bentuk akhlak yang baik ketika di rumah. Dari berbicara misalnya. Kita perlu berbicara dengan baik kepada orang tua atau anggota keluarga yang usianya lebih tua dari kita. Dengan orang yang lebih muda pun perlu untuk berbicara dengan sopan dan santun. Perkataan menjadi sesuatu media berkomunikasi dengan orang lain. Termasuk ketika kita sedang di rumah dan berkomunikasi bersama anggota keluarga yang lainnya.

Berdoa juga bagian dari akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali macam doa yang bisa kita baca di rumah. Sebagai contoh, tatkala kita sebelum keluar dari tempat tinggal atau rumah lalu mau bepergian akan lebih baik bila kita awali dengan berdoa terlebih dahulu. Entah bepergian kemana saja. Tentunya bagi seorang muslim yang baik itu tujuan keluar dari rumah adalah menyelesaikan segala urusan yang bermanfaat. Teman-teman saya yakin juga sering keluar dari rumahnya. Sesuatu yang wajar dan hampir semua orang selalu melakukannya setiap hari.

Dengan berdoa akan menjadikan kebaikan dan keselamatan bagi seluruh urusan kita. Ridha Allah Subhanahu wa ta'ala akan selalu mengiringi gerak langkah kita. sehari-hari. Umumnya, hampir tiap hari kita dan banyak orang yang lainnya beraktivitas di luar rumah. Dan otomatis tentu saja kita meski keluar dari rumah. Di kala kita hendak keluar dari rumah maka ada adab yang mestinya diamalkan. Saat keluar dari pintu rumah pun kaki kiri terlebih dahulu yang sebaiknya kita langkahkan. Berkebalikkan bilamana kita masuk ke dalam rumah, kita melangkah dengan kaki yang kanan terlebih dahulu dulu. Selanjutnya, mengenai doa keluar rumah lengkap dengan arab latin dan artinya yakni:

Doa Keluar Rumah
Doa keluar rumah

doa keluar rumah


BISMILLAHI TAWAKKALTU 'ALALLAHI WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH.
Artinya :
"Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepadaNya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah."

Pendek dan cukup singkat doanya. Bisa dihafalkan dengan mudah. Setidaknya tidak membutuhkan waktu yang banyak guna menghafalkannya. Doa tersebut bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Attirmidzy. Kawan-kawan semuanya yang berbahagia. Kalimat doa di atas amatlah ringan untuk kita ucapkan saat kita keluar rumah. Tinggal kita bersemangat saja untuk membacanya selalu.

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam, yang artinya: Bila seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca dzikir: 'Bismillahi tawakkaltu alallahi la haula wa la quwwata illa billah, maka Malaikat akan berkata kepadanya: Sungguh kamu telah diberi petunjuk oleh Allah, dicukupkan (dalam segala keperluan), dan dijaga (dari semua keburukan), sehingga setan-setan tidak bisa mendekatinya dan setan yang lain berkata kepada temannya:"Bagaimana mungkin kamu bisa mencelakakan seseorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan, dan dijaga oleh Allah azza wa jalla?”

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud tersebut, orang yang mengucapkan doa keluar rumah akan mendapat beberapa fadhilah atau keutamaan yang luar biasa. Diantara keutamaan, yakni:pertama orang tersebut mendapat kecukupan. Orang yang hidup di dunia hampir semuanya memerlukan kecukupan akan segala kebutuhan hidup. Banyak waktu yang dihabiskannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tak jarang ada yang sampai berangkat pagi sesaat sebelum subuh untuk bekerja. Lalu pulangnya sudah larut malam. Mereka menginginkan dapat mencukupi kehidupannya dan lebih sejahtera secara ekonomi.

Yang kedua, ia akan terjaga dari keburukan. Siapa yang ingin mendapat keburukan dalam hidupnya? Tentu saja tak ada satu pun. Semua ingin mendapat kebaikan dan terhindar serta jauh dari keburukan. Yang ketiga, orang tersebut mendapat petunjuk. Orang yang berjalan tanpa adanya panduan yang jelas tentu ia akan bingung dan tak tahu arah jalannya. Bisa dengan mudah menjadi tersesat jalannya. Dengan adanya petunjuk dari Allah subhanahu wa ta'ala, hidup seseorang akan jelas arahnya. Tak gampang terperosok pada jalan yang sesat. Mendapatkan manfaat dan keutamaan seperti itu sangatlah penting. Maka akan lebih baik bila kita mempraktekkannya membaca doa ketika keluar dari rumah itu dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di samping terdapat lafadz doa yang kita baca bahas di atas, masih ada lafadz doa yang lainnya. Nah, utuk doa saat keluar rumah yang lain yakni:

Doa keluar rumah
Doa saat keluar rumah

ALLAAHUMA INNI A'UUDZUBIKA AN ADHILLA AU UDHILLA AU AZILLA AU UZILLA AU AZHLIMA AU UZHLIMA AU AJHALA, AU YUJHALA 'ALAYYA.
Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi".

Doa ini bersumber dari hadis riwayat Abu Dawud. Tatkala membacanya maka hendaknya pandangan ke arah langit. Setiap orang yang keluar dari kediamannya pastinya akan bertemu dengan banyak orang. Tidak hanya orang yang baik saja. Ada pula orang yang tak baik. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dari segala kezaliman, ketergelinciran, kejahilan, dan kesesatan. Karena Allah Subhanahu wa ta'ala yang Maha Penolong lagi Maha Pelindung.

Kita tidak ingin kesalahan kita membuat orang lain dirugikan. Sebaliknya, kita juga tak ingin perbuatan buruk orang lain itu akibatnya tertimpa kepada diri kita. Sehingga kita tak ingin merugi gara-gara ulah orang lain. Kita berlindung dari kesesatan dari diri sendiri maupun disesatkan oleh orang lain. Berlindung pula dari ketergelinciran atau kesalahan tanpa disadari maupun orang lain yang membuat kita terjerumus pada kesalahan dan dosa. Kita pun berlindung dari sikap menzhalimi orang lain. Sekaligus terhindar dari kezaliman yang dilakukan orang lain kepada diri kita. Inilah betapa pentingnya kita membaca doa di saat keluar dari rumah. Demikian semoga memberikan manfaat bagi teman-teman pembaca semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Silakan teman-teman juga membaca artikel: doa menjenguk orang sakit dilengkapi latin serta artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Keluar Rumah Lengkap Dengan Arab Arti Dan Keutamaannya