Doa Malam Lailatul Qadr Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Terdapat doa pendek yang dituntunkan dibaca pada malam Lailatul Qadr. Teman-teman pembaca blog poskajian tentu ingin sekali mengetahuinya. Sebab dengan kita mengetahui doa ini akan bisa kita amalkan di bulan Ramadhan di setiap tahunnya. Dalam setiap bulan Ramadhan di tiap tahun hijriyah ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jumlah seribu bulan itu sama dengan 83,33 tahun atau 83 tahun lebihnya 4 bulan. Waktu yang cukup lama. Ibadah di malam tersebut nilainya seperti beribadah selama 1000 bulan. Sebuah keberuntungan bagi siapa saja yang bisa beribadah pada malam tersebut. Hanya dengan ibadah pada malam tersebut maka akan dihitung berlipat nilai lamanya.

Menjadikan sangat tertarik untuk orang berlomba melakukan ibadah di malam tersebut. Selanjutnya, ada orang yang bertanya. Ibadah apa saja yang kita lakukan di malam tersebut? Tentu saja ibadah yang kita lakukan pada malam-malam selain di bulan Ramadhan pun bisa kita kerjakan pada malam tersebut. Ada shalat wajib, shalat tarawih, berzikir, bersedekah, dan berdoa. Nah, mengenai masalah doa ini juga boleh kita berdoa apa saja. Segala yang kita inginkan boleh kita sampaikan kepada Allah dalam bentuk doa. Permohonan kepada Allah subhanahu wa ta'ala bisa kita panjatkan dengan selalu mengharap doa tersebut dikabulkan. Namun, ada doa khusus yang dituntunkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam pada malam lailatul qadr. Berikut ini doanya :


doa lailatul qadr


Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII

Untuk lebih jelasnya bisa kita simak:

Doa Lailatul Qadr

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Doa di atas bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh HR. Ahmad, At-Turmudzi , Ibn Majah, An-Nasai, dan Al-Baihaqi. Bunyi haditsnya adalah "Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do'a yang mesti kuucapkan?" Jawab Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam, "Berdo’alah: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku)."

Doa tersebut tidaklah sulit untuk dihafal karena pendek. Ada teks transliterasinya juga yang memudahkan membaca dan menghafalnya. Mengenai berapa kali doa tersebut dilafazkan, para ulama tidak membatasinya. Selagi masih ada kesempatan, silakan dihafal dan dibaca aja doanya. Membacanya tidak terbatas hanya sekali atau dua kali saja. Lebih banyak akan lebih baik. Bahkan kita diperintahkan untuk memperbanyak doa tersebut. Kandungan isi doa ini menandakan bahwa ada ketundukkan sebagai seorang hamba Allah subhanahu wa ta'ala. Ada dua hal penting yang perlu kita ketahui. Terdapat istilah maghfirah dan afuw. 

Mengenai maghfirah ialah hak Allah untuk mengampuni kita atas segala dosa-dosa kita. Dalam hal ini yang dimaksud ialah dosa-dosa kecil. Tetapi dosa-dosa itu akan tetap tercatat di dalam buku amalan kita selama di dunia. Maghfirah merupakan ampunan Allah subhanahu wa ta'ala atas dosa-dosa kita. Namun di Hari Pembalasan kelak di akhirat, dosa-dosa tersebut tetap tertulis di dalam rapor amalan kita. Allah subhanahu wa ta'ala akan menanyai kita tentang dosa-dosa tersebut, tetapi Allah tidak akan menghukum kita karenanya.

Berbeda dengan maghfirah. 'Afuw ialah hak Allah untuk mengampuni dosa-dosa kita, kemudian menghapusnya dari buku catatan amal kita selama di dunia. Seolah-olah, kita tidak pernah melakukan dosa-dosa tersebut. ’Afuw merupakan ampunan Allah subhanahu wa ta'ala atas dosa-dosa kita, yang kemudian dosa-dosa tersebut akan dihapus secara total dari rapor amalan kita. Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan menanyai kita tentang dosa-dosa tersebut di Hari Pembalasan kelak. Dengan begitu akan sangat penting untuk kita mendapatkan 'afuw.

Setiap hamba hendaknya mengakui akan banyaknya dosa yang telah dilakukanya. Bulan Ramadhan atau bulan puasa penuh dengan ampunan. Sudah selayaknya untuk banyak membaca doa di atas. Sehingga dengan begitu kita akan mendapatkan 'afuw. Sungguh beruntung bagi mereka yang memperolehnya. Tetapi memohon ampun atas segala kesalahan itu tidak terbatas hanya dilakukan di bulan ramadhan ini. Akhirnya, semoga kita bisa mengamalkan doa tersebut saat kita ber-i'tikaf di masjid. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga artikel : perbedaan haji dan umrah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Malam Lailatul Qadr Lengkap Arab Latin dan Artinya