Doa Ketika Bersin dan Cara Menjawabnya Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Doa saat bersin adalah bagian dari ibadah harian seorang muslim. Memang adab seorang muslim yang bersin itu mesti berdoa. Bersin memang sesuatu yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin dalam sehari bisa lebih dari sekali bersin. Dalam kondisi tubuh yang sehat pun terkadang kita juga bersin. Lain lagi tatkala tubuh mau terserang flu, akan lebih banyak frekuensinya. Masalah bersin memang terkadang sering dianggap sebagai sesuatu yang remeh oleh banyak orang. Padahal, bersin itu bagian nikmat yang besar. Kita sebagai muslim yang baik mesti mensyukuri nikmat bisa bersin dengan lancar. Hal yang wajar saja bahwa kita mengakui sebagai hamba Allah Subhanahu wa ta'ala yang lemah. Tanpa kemudahan dan karunia nikmat dari-Nya maka kita tidak bisa untuk sekedar bersin saja. Berikut ini kami tuliskan doanya untuk teman-teman pembaca semuanya.
Doa Ketika Bersin
doa saat bersin
ALHAMDULILLAH
Artinya : “Segala puji bagi Allah “.

lantas saudara atau temannya yang mendengar bacaan tersebut mengucapkan: 

Doa Menjawab Bacaan Pujian Orang yang Bersin
Doa Menjawab Bersin
YARHAMUKALLAH
Artinya : “Semoga Allah memberi rahmat kepadamu”. 

Bila teman atau saudaranya mengucapkan demikian, bacalah:

doa orang yang bersin didoakan orang lain
Bacaan doa orang yang bersin didoakan orang lain
YAHDII KUMULLAHU WAYUSHLIHU BAALAKUM
Artinya : Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu.

Selain itu, ada beberapa adab yang hendaknya teman-teman sekalian lakukan. Cara atau adab yang baik ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak kita. Karena kebiasaan yang dibangun sejak dini akan lebih kuat terpatri di jiwa mereka. Kita yang sudah dewasa pun hendaknya memberi contoh atau teladan yang baik. Dengan begitu akan bertambah nilai pahala kita. Adab atau cara bersin tersebut, antara lain :
1. Berusaha sekuat mungkin untuk memperkecil suara saat bersin.
Suara yang keras bisa menjadikan orang di sekitar kita kaget. Tentu hal ini akan tidak nyaman bagi saudara atau teman kita. Dengan suara yang kecil tentunya bersin kita tidak mengganggu. Pergaulan kita tidak terganggu dengan adab yang baik ini.
2. Menutup atau meletakkan telapak tangan pada mulut saat bersin. 
Boleh pula dengan menutup mulut menggunakan kain yang bersih. Saat seseorang bersin, maka dia mengeluarkan kotoran lewat udara. Maka dianjurkan untuk ditutup supaya aman bagi orang lain di sekitar kita.
3. Membaca pujian kepada Allah Subhanahu wa ta'ala sebagaimana yang  dibahas kali ini.
Baiklah, silakan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari teman-teman. Baca juga : Doa Sesudah Wudhu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Ketika Bersin dan Cara Menjawabnya Lengkap Dengan Latin dan Artinya