Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Dengan Arab, Latin Dan Artinya

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Ibadah wudhu termasuk bagian dari dari thaharah atau bersuci dalam agama Islam. Setiap kita mau melaksanakan ibadah sholat baik yang wajib 5 waktu atau sunah, kita wajib menghilangkan najis dan hadats. Menghilangkan hadats kecil caranya dengan berwudhu. Dan ini termasuk syarat wajib ibadah  sholat. Setiap muslim setidaknya melakukan wudhu 5 kali dalam sehari semalam. Setelah wudhu maka kita langsung mengerjakan ibadah shalat. Terkecuali seorang muslimah yang sedang berhalangan atau kita melakukan satu wudhu untuk dua waktu sholat. Misalnya wudhu untuk sholat maghrib digunakan juga untuk sholat isya karena belum batal. Tidak hanya untuk shalat wajib saja. Termasuk sebelum mau menjalankan shalat sunah maka kita mesti harus berwudhu terlebih dahulu.
Wajah yang sudah terbasuh air wudhu rasanya berbeda. Ada rasa kesegaran tersendiri. Nikmat rasanya ketika dirasakan. Bagi orang lain yang melihatnya pun akan terasa senang karena memandang wajah yang berseri-seri disebabkan air wudhu. Bahkan berwudhu bisa dilakukan saat orang setelah dari buang air kecil dan buang air besar di WC. Atau setelah buang angin. Sehingga dalam diri selal dalam keadaan suci karena dalam kondisi berwudhu terlebih dahulu. Sebelum kita berwudhu hendaknya disiapkan air bersih yang cukup. Tidak mesti harus melimpah airnya. Akan lebih baik bila bisa posisi air mengalir seperti dari tempat penampungan air, kran, dan  padasan. Bisa juga di danau atau sungai. Dalam menggunakan air ini, meski untuk wudhu tetap diharapkan melakukan penghematan. Hemat itu perbuatan terpuji. Tidak diperkenankan bersikap boros. Kita bisa saksikan saudara kita yang kesulitan dalam memperoleh air. Sekadar untuk minum saja harus membeli. Tidak sedikit uang yang dikeluarkan hanya untuk keperluan minum ini. Belum lagi kalau untuk memasak. Dalam segala resep masakan yang akan kita sajikan di rumah, sedikit banyak perlu air bersih. Apalagi kalau memasak sayur maka airnya pun dominan sekali. Kebutuhan pribadi seperti untuk mandi, mencuci pakaian, dan membersihkan rumah pun amat memerlukan air yang tidak sedikit. Bisa jadi ada air tetapi tidak bersih maka hal itu pun tidak bisa kita manfaatkan. Air yang kurang bersih bisa dipakai untuk pengairan sawah dan usaha bidang pertanian lainnya

Air identik dengan kehidupan. Permukaan bumi ini lebih dari lima puluh persennya adalah lautan. Sehingga luasnya daratan lebih sempit dari pada lautan. Makhluk hidup di permukaan bumi ini semuanya membutuhkan air. Baik itu tumbuh tumbuhan, hewan, dan manusia. Semuanya tidak lepas dari air. Bila tidak tersedia air yang cukup maka kelangsungan hidup manusia, tumbuh tumbuhan, dan hewan bisa terganggu. Air juga menyimpan energi yang luar biasa. Ketika kita merasa kurang segar badan kita dan bila kita kemudian mandi maka setelahnya ada perubahan yang luar biasa. Badan kita akan kembali segar bugar. Di dalam dunia teknologi pun air berkontribusi besar. Salah satu contohnya, adanya pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Ibadah ini hendaknya diajarkan semenjak usia dini atau masih anak-anak. Semakin dini pengajaran mengenai wudhu ini maka akan semakin baik. Memang ada gerakan-gerakan khusus dalam berwudhu. Semuanya harus diketahui dari awal hingga akhir supaya tercapai wudhu yang benar-benar sempurna. Di samping itu, tidak lupa kita berdoa sebelum melaksanakan wudhu. Tidak sulit dan sangat gampang dihafal doanya. Kesempurnaan ibadah sholat diawali dari bagaimana seseorang berwudhu. Baik niat, tata cara sampai doa yang ada di dalamnya. Semua perlu mendapat perhatian khusus bilamana menginginkan kesempurnaan. Berikut doa sebelum wudhu dilengkapi dengan artinya.

Doa sebelum kita wudhu
Doa Sebelum Wudhu
BISMILLAH
Artinya : Dengan nama Allah (aku berwudhu).

Tatkala kita sudah selesai menyempurnakan wudhu. Seluruh anggota tubuh sudah terbasuh semua tanpa terkecuali, kini saatnya berdoa sesudah wudhu. Di sini ada 3 (tiga) doa yang bisa kita pilih salah satu atau bahkan dipakai semuanya.

Doa Sesudah Wudhu yang Pertama :

Doa Sesudah Wudhu

ASYHADU ALLA ILAHAA ILLALLAAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA RASUULUH.
Yang artinya :“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya”. 
 Doa Sesudah Wudhu yang Kedua :

Doa Sesudah Wudhu

ALLAHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAA BIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHAHHIRIIN.
Yang artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci”. 

Doa Sesudah Wudhu yang Ketiga :


SUBHAANA KALLAHUMMA WA BIHAMDIKA ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLAA ANTA, ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIK.
Yang artinya : "Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq selain Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu".
Di dalam doa tersebut juga terkandung makna yang luar biasa bagusnya. Pada doa yang pertama merupakan sebuah kesaksian bahwasannya tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Tidak ada satu pun sekutu bagi-Nya. Kemudian juga bersaksi bahwasannya Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam itu ialah hamba dan juga utusan-Nya. Makna pada doa yang kedua adalah kita memohon agar menjadi golongan orang-orang yang bertaubat. Kemudian juga ada permohonan menjadi orang-orang yang cinta dan gemar untuk bersuci. Ternyata ada kaitan wudhu dengan taubat. Tentu saja bila bicara kata taubat maka kita pun akan langsung mengingat akan dosa-dosa yang pernah dilakukan. Kita tahu bahwa dalam berwudhu itu berkaitan dengan beberapa anggota badan. Ada wajah, telinga, kepala, tangan, kaki, dan mulut. Kita semua pun paham. Banyak dosa yang manusia kerjakan itu melalui anggota-anggota tubuh tesebut. Mata yang ada di wajah kita. Tatkala melihat sesuatu yang dilarang maka itu sudah tercatat oleh dosa. Telinga yang digunakan untuk mendengarkan yang dilarang maka sudah berpotensi dosa. Mulut bila mengucapkan suatu hal yang buruk serta menyakiti hati orang lain juga sudah menciptakan dosa. Demikian anggota badan yang lainnya. Makna selanjutnya yaitu permohonan agar menjadi orang yang suka bersuci. Orang seperti ini tentu akan mendapatkan kondisi yang bersih selalu. Beruntunglah orang yang cinta kebersihan. Apalagi cinta untuk membersihkan dirinya dari berbagai dosa dan kesalahan. Untuk makna doa yang ketiga yakni pengagungan Allah subhanahu wa ta'ala dan permohonan ampun atas segala dosa yang dilakukan oleh setiap hamba.

Kami persilakan anda mau memakai yang mana dari keduanya. Bisa yang pertama atau yang kedua ataukah yang ketiga. Bahkan bisa membaca semuanya. Sangat bagus sekali untuk kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kalimah doa tersebut akan bertambahlah pahala yang kita dapatkan. Setiap lafazh mengandung berbagai hikmah. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala mengampuni kita semua. Amiin. Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga artikel tentang : Doa Masuk Rumah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Dengan Arab, Latin Dan Artinya