Pos Kajian Islam Bermanfaat

Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Kabar teman-teman hari ini baik semua, kan? Alhamdulillah kalau begitu. Membaca doa selamat kebaikan kebahagiaan dunia akhirat yang lengkap arab latin serta artinya sangatlah penting. Doanya cukup pendek. Mudah sekali untuk belajar menghafalkannya. Bila membaca beberapa kali saja insya Allah sudah mampu. Namun, bagi yang tetap kesulitan menghafal, kita bisa lakukan dengan frekuensi yang lebih banyak lagi. Mengulang berkali kali membacanya. Bisa pula dengan suara. Dengan majunya teknologi, banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan. Memanfaatkan fasilitas di handphone android kita misalnya. Kita membaca dulu doa tersebut kemudian kita rekam. Pilih suara kita yang terbaik tatkala membacanya. Dengan kita sudah menyimpannya di memori HP, maka kita bisa memutarnya jika saat latihan menghafalnya. Semakin sering mendengar maka gampang sekali hafal. Nah, begitu mudahnya kaum muslimin beribadah kepada Allah Swt. Kemudahan ini menjadikan tak layak bila kita tidak menjalankan perintah untuk berdoa. Rugi sekali bila meninggalkannya. Dunia itu kesempatan terbaik dalam beramal. Tentu, amal kita akan menjadi bekal terbaik setelah kematian nanti.
Kita harus mengakui sebagai manusia yang amat lemah. Kehidupan ini memang sering pasang surut. Langit tak selalu cerah. Ada kala senang, namun di lain waktu merasakan susah. Iya, itulah hidup manusia di alam fana ini. Ibaratnya bila seorang berdagang, satu waktu mendapatkan untung tetapi di lain kesempatan ia rugi. Terkadang urusan karir mudah, kadang pula mendapat hambatan. Dalam menjalani bahtera kehidupan ini kita perlu sekali pertolongan Allah Swt. Kita ingin hidup bahagia. Di alam dunia ini kita ingin selamat dari marabahaya, musibah yang mengerikan, kesulitan, penderitaan, dan hal buruk lainnya. Tidak hanya di dunia ini saja. Akan tetapi di akhirat kelak pun juga bahagia. Bahkan akhirat mesti diutamakan karena di sana sebetulnya kehidupan yang sebenarnya. Kekal dan abadi.

Secara singkat, keadaan manusia bisa dibagi menjadi 4 (empat), yaitu :
1. Celaka dan sengsara di dunia, celaka dan sengsara di akhirat.
2. Selamat dan bahagia di dunia, celaka dan sengsara di akhirat.
3. Celaka dan sengsara di dunia, selamat dan bahagia di akhirat.
4. Selamat dan bahagia di dunia, selamat dan bahagia di akhirat.

Dari beberapa kondisi di atas, paling ideal dan terbaik adalah yang nomor empat. Kita sebagai orang yang beriman ingin bahagia di dunia serta di akhirat pun demikian. Di dunia memperoleh banyak rezeki, sehat badannya, keluarga baik , anak-anaknya shalih shalihah, mudah urusannya, dan kebaikan-kebaikan yang lainnya. Sedangkan di akhirat nanti kita dimudahkan dalam hari perhitungan amal atau hisab dan dimasukkan ke dalam syurga yang penuh dengan kenikmatan tiada tara. Setidaknya bila di dunia masih susah, kita di akhirat akan tetap bahagia. Golongan yang nomor tiga masih beruntung di akhirat.
Kerja keras dalam ikhtiar disertai dengan doa yang tekun akan menjadikan orang sukses dalam meraih cita-citanya di dunia dan akhirat. Termasuk kebaikan dan keselamatan. Perlu usaha untuk meraihnya. Doa yang khusyu' pun selalu diucap dari lisan dan keluar dari lubuk hati. Hal itu menandakan keseriusan kita. Nah, bagaimana lafazh doa memohon selamat dunia dan akhirat? Mari kita simak berikut ini teman-teman.

Doa Selamat Dunia Akhirat yang Pertama :

doa selamat dunia dan akhirat

Latinnya :
RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
Artinya : 
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."
Doa ini diambil dari Surat Al Baqarah ayat 201.

Doa Selamat Dunia Akhirat yang Kedua :

doa selamat dunia akhirat

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKAL 'AFWA WAL 'AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YAA WAL AAKHIRATI
Artinya: 
"Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat."


Doa Selamat Dunia Akhirat yang Ketiga :

doa selamat dunia dan akhirat

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BARAKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA RAHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIRATAN BA’DAL MAUTI
Artinya : 
"Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan keampunan sesudah mati."

Bilamana kita sudah hafal benar, lanjutkan dengan mengajarkan kepada orang terdekat kita. Keluarga misalnya. Bisa kepada kakak , adik, keponakan, atau anak-anak yang hidup di dekat rumah kita. Doa untuk keselamatan kebaikan kebahagiaan dunia akhirat  jika dibaca lebih banyak akan lebih baik. Sebaiknya tidak ditinggalkan membacanya di waktu-waktu penting doa dikabulkan, seperti di sepertiga malam akhir, sesudah salat wajib, antara azan dan iqamah , dan saat bepergian. Moment dalam kehidupan sehari-hari tentu kita sering dan bahkan tidak pernah terlewat dari peristiwa tersebut. Misalnya saja mendengar muazin mengumandangkan azan. Tentu kita menemui suaranya tiap waktu shalat wajib. Sembari menunggu iqomah, alangkah baiknya bila kita menggunakannya untuk bermunajat. Allah Swt. yang Maha Kuasa dan Maha Penolong kepada para hamba-Nya. Semoga kita termasuk golongan orang yang bertaqwa dan beruntung bahagia sejahtera di dunia sampai akhirat kelak. Amiin. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Perlindungan Untuk Anak Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Arab Latin dan Artinya