Apa Arti Syafakillah dan Syafakallah Itu ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya mau bertanya apa artinya syafakillah dan syafakallah? Saya sering mendapat pesan melalui whatsapp di HP saya yang isinya ada kata tersebut. Terkadang juga ditambahi menjadi syafakillah thohurun insya Allah. Ada kalanya ada kata syafakumullah dan syafahallah. Bahkan ada kalimat syafakillah fii umrik. Semua kata atau kalimat tersebut tidak bisa saya pahami artinya. Mohon dibantu untuk mengetahui teks tulisan arabnya serta makna atau artinya, ya Pak. Terima kasih sebelumnya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pertama-tama semoga Anda selalu dirahmati Allah Swt. Berkembangnya media komunikasi di masyarakat menjadikan bertambahnya intensitas hubungan antar manusia. Termasuk dalam hal ini meluasnya pengguna media sosial. Ditambah lagi dengan kepemilikan smartphone yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Jumlah pengguna internet pun melonjak tajam. Media komunikasi seperti hendaknya menambah rasa syukur kita kepada Allah Swt. Kita gunakan untuk menambah kebaikan. Memudahkan beribadah dan sebagainya. Termasuk pula menyampaikan pesan yang baik kepada teman atau saudara bisa melalui medsos. 
Mengenai pertanyaan Anda mengenai arti dari kata syafakillah dan syafakallah maka akan kami jelaskan dalam gambar di bawah ini.

Arti Syafakillah dan Syafakallah

Penjelasannya :
- syafakallah artinya semoga Allah menyembuhkanmu ( dipakai untuk laki-laki)
- syafakillah artinya semoga Allah menyembuhkanmu ( dipakai untuk perempuan)

Kemudian tentang arti kata syafakillah thohurun insya Allah, ini amat berkaitan dengan bacaan doa tatkala menjenguk orang sakit. Bila ditulis dalam bahasa arab menjadi.

syafakillah thohurun insya Allah

Yang artinya semoga Allah menyembuhkanmu ( dipakai untuk perempuan) , tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah.

untuk syafakumullah tulisan arabnya :

syafakumullah

artinya : semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (laki-laki).

dan untuk syafahallah tulisan arabnya :

syafahallah

artinya : Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan)

dan untuk syafahullah tulisan arabnya :

syafahullah

artinya : Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).

Sedangkan untuk arti syafakillah fii umrik kita lihat tesk arabnya berikut.


kurang lebih artinya : semoga Allah menyembuhkanmu ( dipakai untuk perempuan) di dalam umurmu.

Ada kalanya pula ditambah kata ukhti. Kata ukhti artinya saudaraku perempuan. Demikian, beberapa pengertian. Semua ada kaitannya dengan kesehatan. Baik jiwa maupun raga. Memang itu adalah nikmat terbesar manusia setelah memiliki iman di dada. Iman harus dijaga demikian pula fisik badan kita. Semua penting sekali. Semoga bermanfaat. Wallahu'alam.
Baca pula : Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin Arti dan Keutamaannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Syafakillah dan Syafakallah Itu ?