Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin Artinya dan Keutamaannya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar teman-teman di hari yang cerah ini? Semoga selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan. Kali ini admin blog poskajian mau berbagi doa setelah adzan lengkap arab latin arti serta keutamaannya. Bisa juga disebut doa setelah mendengar adzan. Tiap hari kita mendengar panggilan Allah Subhanahu wa ta'ala berupa adzan. Sehari 5 kali karena memang adzan ini dikumandangkan saat salat wajib. Dari subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya. Sangat akrab sekali di indera dengar kita. Inilah perkataan baik yang mulia. Dengan telah diperdengarkan adzan maka itu tandanya sudah masuk waktu shalat. Tidak hanya itu saja, kita diseru untuk mendatanginya juga. Datang ke masjid untuk melakukan shalat berjamaah. Sebab, ini sebagian dari amalan yanag dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala yakni shalat berjamaah di awal waktu dan dilakukan di dalam masjid.
Dalam sehari semalam kebanyakan dari kita tidak hanya mendengar adzan dari satu masjid saja. Namun, bisa lebih dari dua masjid sekaligus. Apalagi, jika teman-teman tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk dan masjidnya pun banyak jumlahnya. Bisa puluhan mungkin suara adzan yang kita dengar. Lantunan adzan sangat indah. Merdu sekali. Menggugah jiwa setiap kaum muslimin untuk memenuhi seruan-Nya. Beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk meraih ridha-Nya. Hati menjadi tenang dan tentram. 
Ada hal yang penting tentang adab-adab ketika mendengar adzan. Kita mengucapkan lafaz yang kita dengar sebagaimana muadzin. Terkecuali, dalam kalimat "HAYYA 'ALASHSHALAAH  dan HAYYA 'ALAL FALAAH, maka jawabannya "LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH" (Tiada daya dan kekuatan melainkan atas izin Allah). Sesudah selesai menjawab adzan lantas membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam. Amalan yang mudah dan sederhana, namun akan mendapatkan nilai pahala yang luar biasa.
Bagaimana dengan sang muadzin? Sesudah selesai mengumandangkan adzan, maka membaca doa yang bersumber dari hadits riwayat Bukhari berikut ini:

Doa Setelah Adzan Lengkap
Doa Setelah Adzan
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBA HADZIHID DA'WATIT TAAMMAH WASH SHALAATIL QAA-IMAH, AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WAL FADHIILAH, WAB'ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANILLLADZII WA 'ADTAH.
Doa Sesudah Adzan Lengkap Arab dan Latin

 Artinya :

" Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini, shalat (wajib) yang didirikkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan."
Sebelum membaca doa di atas, diharapkan kita baca dulu shalawat atas Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam. Orang yang membaca doa setelah adzan di atas maka di hari kiamat nanti akan mendapatkan syafaat. Doa di atas tidak hanya dibaca oleh si muadzin saja. Kita yang mendengarnya pun tetap membacanya juga. Kemudian setelah membaca bacaan doa tersebut sembari menunggu iqamah, kita dianjurkan untuk banyak membaca doa'. Bebas doanya, isinya sesuai yang kita inginkan. Yang terpenting, tentu saja doa untuk kebaikan bukan hal yang buruk. Mungkin satu dengan lainnya akan berbeda kebutuhannya. Yang mau ujian masuk untuk mendapat pekerjaan misalnya pegawai negeri (CPNS) dan karyawan perusahaan, maka doanya berisi agar lulus tes seleksi. Anak-anak yang mau ujian nasional dan sekolah maka ingin lulus dengan nilai yang bagus sehingga mudah mencari tempat sekolah atau perguruan tinggi nantinya. Mereka yang sedang diuji dengan sakit maka ingin segera meraih kesembuhan. Ada yang belum memiliki suami atau istri maka minta untuk dikarunia pasangan hidup. Ada yang belum diberi momongan maka mereka berdoa agar segera istrinya hamil dan mendapat keturunan. Yang hutangnya menggunung maka banyak bermohon dengan membaca doa agar dilunasi hutang. Banyak sekali problem dan permasalahan hidup yang perlu penyelesaian. Salah satu cara menyelesaikannya diantaranya dengan banyak berdoa kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah yang maha penolong. Jeda antara adzan dan iqamah termasuk waktu yang mustajab dalam berdoa.
Baca juga : Perbedaan syarat wajib dan syarat sah shalat wajib.
Ada juga bacaan dan doa khusus lainnya yang dibaca tatkala mendengar lafaz "ASYHADU ALLAA ILLAAHA ILLALLAAH" yang artinya Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Bacaan doanya adalah :
Doa Mendengar Adzan Lengkap

Latinnya :
ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLAALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKALAH WA ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASULUH, RADHITU BILLAHI RABBAA WA BI MUHAMMADIN RASULAA WA BIL ISLAAMI DIINAA.
doa saat mendengar adzan

 Artinya:

Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku.

Doa tersebut bersumber dari hadits riwayat Muslim. Orang yang mengumandangkan adzan memiliki keutamaan yang tidak dimiliki orang lain. Beberapa keutamaan atau fadhilah muadzin ialah 
1. Mendapat pahala yang besar. Hal ini dapat kita ketahui dari hadits riwayat Bukhari.
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "seandainya orang-orang tahu keutamaan adzan dan berdiri di barisan pertama shalat, dimana mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali harus mengundi, pastilah mereka mengundinya di antara mereka".
2. Akan berleher panjang di hari  kiamat. Hal ini berdasarkan hadits berikut :
Dari Muawiyah ra. bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "orang yang adzan (muadzin) adalah orang yang paling panjang lehernya di hari kiamat." (Hadits Riwayat Muslim, Ahmad, Ibnu Majah).
3. Didoakan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam yang isinya : " Semoga Allah meluruskan para imam dan mengampuni para muadzin”.
4. Akan diampuni dosanya, hal ini berdasarkan hadits : "Diampuni bagi muadzin pada akhir adzannya. Dan setiap yang basah atau pun yang kering yang mendengar adzannya akan memintakan ampun untuknya." (HR. Ahmad).
5. Banyak yang akan menjadi saksi kebaikan bagi para muadzin di akhirat kelak. Berdasar hadits Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam : ”Tidaklah jin dan manusia serta tidak ada sesuatu pun yang mendengar suara lantunan adzan dari seorang muadzin melainkan akan menjadi saksi kebaikan bagi si muadzin pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Demikian mulianya para muadzin. Alangkah beruntungnya mereka yang gemar mengumandangkan adzan. Semoga teman-teman termasuk orang yang beruntung dan sukses di dunia akhirat. Amiin. Akhirnya, kami berharap banyak manfaat dari tulisan ini. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Baca pula : Doa ruku dan sujud lengkap arab latin dan keutamaanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin Artinya dan Keutamaannya