Hukum Tajwid Surat Yunus ayat 40-41 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini kita akan membahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Yunus ayat 40-41 lengkap dengan latin penjelasan serta artinya. Teman-teman dan para pembaca sekalian tentu ingin selalu membaca ayat Al-Quran dengan benar. Saat membaca ayat Al-Quran kita tidak membuat kesalahan lagi. Kualitas bacaan yang kita miliki pun ingin lebih bagik selalu. Bahkan kita semakin hari semakin bagus dan tartil.

Maka dari itu, belajar ilmu tajwid ini begitu penting sekali. Sebagai tambahan informasi bahwasannya Surat Yunus adalah surat ke-10. Terkadang dalam penulisan Surat Yunus ayat 40-41 dengan seperti ini Surat Yunus/10 : 40-41.  Tentu saja bila sudah tahu tidak akan bingung. Namun, bagi teman-teman yang belum paham maka hal itu bisa menjadi referensi yang amat berharga. Mengenai nama Yunus amat terkait dengan Nabi Yunus alaihi salam. Baiklah teman-teman, langsung saja kita simak tajwid dari dua ayat tersebut.

Hukum Tajwid Surat Yunus ayat 40-41 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya
Hukum Tajwid Al-Quran Surat Yunus ayat 40-41
Penjelasan secara teprinci dari nomor dalam Surat Yunus ayat 40 dan 41 di atas ialah :
1. Idzhar sebab huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
2. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
3. Idgham bighunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf ya. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
4. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Idzhar sebab huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
6. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
7. Idgham bilaghunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
8. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.
10. Ikhfa karena huruf lam berharakat kasrah tanwin bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".
11. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat dhamah bertemu  wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Bacaan Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.
12. Idgham mutamatsilain karena huruf lam bersukun bertemu huruf lam kasrah. 
13. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.
16. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
17. Ikhfa syafawi sebab huruf mim sukun bertemu huruf ba'. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.
18. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat. Huruf alif bila berharakat  adalah hamzah. Huruf alif sebenarnya sebagai mad atau pemanjang fathah. 
19. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf hamzah berharakat dhamah bertemu  wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat. 
21. Shifrul Mustathil merupakan tanda bulatan lonjong tegak di atas huruf. Maka huruf tesebut dibaca panjang bila waqaf dan  tidak dibaca panjang ketika washal. Maka bila teman-teman membacanya tidak berhenti pada huruf tersebut maka nun dibaca pendek.
22. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
23. Idgham bighunnah karena huruf hamzah berharakat dhamah tanwin bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
24. Terdapat dua hukum di sini. Pertama, ghunnah karena mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
25. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.
Baca juga : Bacaan Shalawat Dalam Shalat Lengkap Arab Latin Artinya.
Para pembaca yang semoga selalu dalam rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala. Teman-teman sekalian, ternyata banyak juga ya hukum-hukum tajwid dari dua ayat tersebut. Menjadikan kita bertambah pengalaman dan ilmu tentunya ketika membahasnya. Untuk menambah informasi, kami tambahkan rincian mengenai hukum-hukum tajwidnya berikut ini:
  • Idzhar ada 2
  • Idzhar syafawi ada 1
  • Idgham mislain ada 2
  • Idgham bighunnah ada 2
  • Mad shilah qashirah ada 1
  • Idgham bilaghunnah ada 1
  • Mad asli atau mad thabi'i ada 5
  • Mad arid lissukun ada 2
  • Ikhfa ada 2
  • Ikhfa syafawi ada 1
  • Idgham mutamatsilain ada 1
  • Mad wajib muttashil ada 2
  • Mad badal ada 1
  • Ghunnah ada 2
  • Mad jaiz munfasil ada 1
  • Shifrul Mustathil ada 1

Selanjutnya latin dari  Surat Yunus ayat 40-41 yakni :
Ayat 40 : WA MIN HUMMAYYU' MINU BIHII WA MIN HUMMAL LAA YU'MINU BIH. WA RABBUKA A’LAMU BIL MUFSIDIIN.
Ayat 41 : WA INGKADZ DZA BUUKA FAQULLII 'AMALII WA LAKUM 'AMALUKUM, ANTUM BARII UUNA MIMMAA A'MALU WA ANA BARII UMMIMMAA TA'MALUUN.

Kemudian untuk arti atau terjemahan dari Al-Quran Surat Yunus ayat 40-41 ialah :
Ayat 40 : di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.
Ayat 41 : jika mereka mendustakan kamu, Maka Katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

Sedangkan untuk isi kandungan dari Surat Yunus ayat 40-41 adalah :
a. Umat manusia yang hidup setelah diutusnya Nabi Muhammad saw. terbagi menjadi 2 golongan, ada umat yang beriman terhadap kebenaran kerasulan dan kitab suci yang disampaikannya dan ada pula golongan orang yang mendustakan kerasulan Nabi Muhammad saw. dan tidak beriman kepada Al-Quran.
b.  Allah Subhanahu wa ta'ala Maha Mengetahui sikap dan perilaku orang-orang beriman yang selama hidup di dunia senantiasa bertaqwa kepada-Nya, begitu juga orang kafir yang tidak beriman kepada-Nya.
c.  Orang beriman harus tegas dan berpendirian teguh atas keyakinannya. Ia tegar meskipun hidup di tengah-tengah orang yang berbeda keyakinan dengan dirinya.

Nah, semoga bermanfaat untuk semuanya analisis hukum tajwid Surat Yunus ayat 40-41. Kajian tentang tajwid memang sangat menarik. Dibutuhkan ketelitian dalam menganalisanya. Dengan kita mengetahui hukum-hukum tajwid pada sebuah ayat maka kita akan bisa membaca ayat Al-Quran dengan baik dan benar. Akhir kata, sampai jumpa dalam kesempatan analisis tajwid pada ayat Al-Quran yang lainnya.  Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin Arti dan Adab-adabnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yunus ayat 40-41 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya