Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Jumuah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada pagi hari ini kami akan menuliskan analisis hukum tajwid Surat Al-Jumuah ayat 10 lengkap dengan penjelasannya. Sangat penting sekali kita belajar cara membaca Al-Quran. Ilmu yang mempelajari hal ini dinamakan tajwid. Tiap muslim amat perlu untuk bisa mengerti cara membaca Al-Quran dengan benar. Membaca Al-Quran ini diperintahkan dan diberi pahala oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Akan sangat merugi bila kita terhalang untuk mendapatkan pahala gara-gara kita tak bisa membacanya. Apabila saat ini kondisi kita belum mampu membacanya maka alangkah baiknya kita mulai untuk mempelajari caranya. Baiklah, kita langsung saja menyimak uraian hukum tajwidnya berikut ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Jumuah Ayat 10

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).
3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
7. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
Baca juga : Doa Berlindung Dari Empat Keburukan Lengkap Arab Latin dan Artinya.
8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ghain berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
10. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah lam berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
11. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ra berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
12. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tsa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Idgham bilaghunnah karena huruf ra berharakat fathah tanwin bertemu huruf lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
14. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.
15. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Sangat mudah sebetulnya membaca Al-Quran itu. Cuma memang kita perlu tekun belajar. Sama dengan mempelajari ilmu lainnya. Ketekunan dan kesungguhan sangat menentukan tingkat keberhasilan sesuai yang dicita-citakan. Kesungguhan belajar membaca Al-Quran akan bernilai pahala juga. Semoga kita tergolong sebagai orang yang beruntung karena mempelajari Al-Quran. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Jumuah Ayat 10 Lengkap Dengan Penjelasannya