Apa Arti Kata Ana ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Dalam suatu momen perbincangan dengan teman-teman, satu diantara teman saya mengatakan seperti ini, "alhamdulillah, ana sudah berhasil lulus ujian kali ini". Mendengar kalimat itu saya tidaklah kesulitan memahaminya secara umum. Hanya saja, ada satu kata yang belum saya pahami dengan baik. Kata tersebut yakni "ana". Apakah kata tersebut berasal dari bahasa Arab ? Kemudian apa arti dari kata tersebut, pak ? Terima kasih sekali atas jawabannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Setiap muslim di dunia ini tidak bisa hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain dalam memenuhi kehidupannya. Baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan sekunder dan primer. Kondisi seperti ini mengharuskan manusia untuk melakukan komunikasi dengan sesamanya. Salah satu bentuk komunikasi itu ialah melalui perbincangan secara lisan. Banyak sekali orang yang kita ajak untuk berkomunikasi. Dalam kehidupan ini tiap orang dengan orang yang lainnya memiliki perbedaan. Karena memang tiap orang berbeda latar belakangnya. Mesti bersikap bijak dalam menghadapi hal ini.
Berkaitan dengan pertanyaan anda tentang apa arti kata ana. Sebaiknya kami jawab pertanyaan yang kedua dahulu yakni bahwasannya memang kata ana itu berasal dari bahasa arab. Mengenai tulisan lengkapnya bisa kita simak di bawah ini :

Arti Kata Ana

Arti dari kata tersebut adalah saya. Bisa pula diartikan dengan aku. Ini memang merupakan kata yang sering dipakai dalam percakapan. Terang saja anda juga sering mendengarnya. Meskipun dalam perbincangan tersebut bukan memakai bahasa arab namun kata tersebut tetap banyak yang menggunakannya. Demikian jawaban singkat kami. Wallahu a'lam.
Baca pula : Doa Untuk Kemudahan Berbagai Urusan Secara Lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Kata Ana ?