Doa Mohon Kemudahan Segala Urusan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa mohon kemudahan segala urusan lengkap arab latin dan artinya memang amat penting untuk dipelajari. Tiap manusia memiliki urusan masing-masing di dalam kehidupannya. Tidak sama antara urusan seseorang satu dengan orang lainnya. Ada yang ingin dimudahkan dan dilancarkan dalam belajar dalam persiapan tes atau ujian sekolah. Ujian seleksi atau tes masuk perguruan tinggi tertentu, CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) juga perlu persiapan belajar. Ada juga yang ingin lolos dalam ujian seleksi menjadi perangkat desa, masuk bekerja di perusahaan ternama, menjadi guru di sebuah sekolah, dosen di perguruan tinggi, dan sebagainya.

Urusan manusia ini banyak sekali. Kadang tiap profesi dalam kehidupan ini berbeda-beda bentuk kemudahan yang ingin diperoleh. Seorang yang berprofesi menjadi petani yang menanam padi di sawah. Ia ingin hasil panennya bagus. Seorang petani ingin dimudahkan dalam proses menanam, merawat, dan hingga pemanenan. Contoh kemudahan bagi seorang petani misalnya : air yang dibutuhkan cukup dengan turunnya hujan dan tiada hama yang menyerang tanaman padinya. Berbeda lagi dengan orang yang berprofesi sebagai seorang pelajar di sekolah atau seorang mahasiswa. Ia berkeinginan sukses di dalam studinya. Mendapatkan kelancaran sampai lulus dengan nilai yang memuaskan serta ilmu yand didapat menjadi bermanfaat untuk kehidupannya.

Lain lagi dengan seorang guru di sekolah. Ia ingin sukses dalam mengajar dan mendidik para muridnya. Seorang guru berharap muridnya dapat menyerap ilmu yang diajarkan. Para murid pun diharapkan menjadi orang yang berakhlak mulia dan hidupnya sukses di kemudian hari. Seorang karyawan perusahaan ingin dimudahkan untuk lancar dalam bekerja dan karirnya bisa meningkat. Sebagaimana seorang pengusaha pun ingin dimudahkan dan dilancarkan bisnisnya. Ia ingin sukses mengelola usahanya. Mendapatkan keuntungan dan rezeki yang berlimpah sekaligus berkah. Lain lagi seorang ibu rumah tangga. Ia ingin dimudahkan untuk mengurus rumahnya. Dimudahkan mendidik anak-anaknya. Dilancarkan juga untuk memasak, mengatur keuangan, mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Terkadang hidup ini menghadapi sebuah tantangan. Ini dilalui oleh seorang anak, remaja, orang dewasa dan bahkan para kakek nenek. Semua memiliki tantangan masing-masing. Kehidupan yang kita jalani ini isinya adalah berbagai aktivitas hidup. Tidak jarang tantangan kehidupan itu dirasa sulit oleh diri kita. Maka kita sebagai seorang hamba yang lemah perlu mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Misalnya : tatkala kita berkendaraan maka kita membaca dulu doa naik kendaraan dan kala kita ke rumah sakit kita tak lupa membaca doa menjenguk orang sakit supaya segera memperoleh kesembuhan. Lain halnya untuk diri kita. Kita juga perlu membaca juga doa mohon kemudahan segala urusan lengkap arab latin dan artinya. Sehingga segala urusan kita dimudahkan-Nya. Mengenai lafazh doanya adalah :

Doa Mohon Kemudahan Segala Urusan

Latinnya:
ALLAHUMMA LAA SAHLA ILLA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAA.
Artinya:
" Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau jadikan mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah. "

Doa tersebut bersumber dari hadits riwayat Ibnu Hibban. Doa di atas mudah untuk dihafal. Setelah hafal bisa langsung diamalkan. Boleh juga dibaca langsung tanpa menghafalnya terlebih dahulu. Dari doa tersebut ada beberapa hal yang penting untuk kita ketahui dan pahami bersama. Bahwasannya Allah yang Maha Menguasai atas segala sesuatu. Termasuk pula dalam hal kemudahan dan kesulitan. Maka bila ada sesuatu kesulitan maka bagi Allah Swt. sangatlah mudah bagi-Nya merubahnya menjadi mudah. Hanya Allah yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa. Allah Swt. tempat untuk tawakkal. Tidak ada yang sulit bagi Allah. Dalam kehidupan ini tiap manusia pastinya memiliki harapan, obsesi dan kehendak atas sesuatu. Misalkan melamar sebuah pekerjaan maka ia pasti ingin diterima. Bila berjualan maka ingin laris dagangannya. Jika ia seorang mahasiswa maka ingin lulus dengan nilai yang memuaskan. Bilamana seseorang mencari pasangan hidup atau jodoh ia ingin mendapatkan sesuai dengan harapannya. Semuanya bisa menjadi kenyataan bilamana Allah menghendaki. Bila suatu waktu kita sudah berusaha atau ikhtiar dengan sebaik mungkin. Sudah sangat maksimal upaya yang dilakukan. Akan tetapi, masih belum berhasil sebagaimana yang diharapkan maka hendaknya perlu bersabar. Pasti ada hikmah dibalik belum berhasilnya itu. Allah akan memberikan kesuksesan pada waktu yang paling tepat. Dengan kesabaran itulah kita akan sukses pada akhirnya.

Kita bisa gunakan waktu-waktu yang terbaik untuk berdoa. Ada doa lainnya untuk memohon kemudahan dalam segala urusan yang bisa kita baca yakni :

Doa Mohon Dimudahkan Tiap Urusan

Latinnya:
RABBISY RAHLII SHADRII WA YASSIRLII AMRII
Artinya:
" Ya Allah, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku".

atau juga bisa membaca :

Doa Mohon Kemudahan dan Kelancaran

Latinnya:
RABBANAA  AATINAA MILLADUNKA RAHMA TAWWA HAYYI’ LANAA MIN AMRINAA RASYADAA.
Artinya:
" Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini) ".

Doa yang terakhir ini bersumber dari Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 10. Doa tersebut termasuk doa yang amat mahsyur. Sekali lagi kita amat penting untuk selalu mempelajari ilmu agama. Dengan ilmu tersebut kita dapat mengetahui banyak hal tentang petunjuk yang lurus untuk kehidupan ini. Termasuk pula mengetahui berbagai doa yang bermanfaat. Sebab kita sangat memerlukan pertolongan-Nya. Dengan berdoa kita bisa meraih kemudahan dan pertolongan dari Allah Yang Maha Penolong. Akhirnya, semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Mohon Kemudahan Segala Urusan Lengkap Arab Latin dan Artinya