Apa Itu Tuma'ninah Dalam Shalat ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya hendak bertanya. Apa itu tuma'ninah dalam shalat ? Saya sering menjumpai kata tuma'ninah tersebut. Kata itu kadang saya dengar sendiri dari ceramah pengajian seorang ustadz dan ustadzah, baik itu secara langsung di masjid, di TV, Radio, dan handphone. Terkadang juga saya baca dari buku, majalah, maupun artikel di internet. Bahkan tatkala saya pernah membaca dari sebuah buku tuntunan shalat bahwasannya shalat itu harus dikerjakan dengan tuma'ninah. Mengapa shalat itu harus dilakukan dengan tuma'ninah ? Terima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Arti Tuma'ninah Dalam Shalat

Mendengarkan pengajian memang sangat bagus untuk meningkatkan ilmu kita. Beruntunglah anda karena suka mendengar kajian tentang agama. Di samping itu, seringnya anda melakukan kegiatan membaca menunjukkan anda termasuk seorang yang gemar menuntut ilmu. Hobi membaca ini sangatlah bermanfaat dalam kehidupan kita. Menuntut ilmu merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim. Meski cara mendapatkan ilmu itu bisa pula dengan mendengar serta yang lainnya, tetapi membaca tetap menjadi primadona para penuntut ilmu. Kini sangat banyak media yang bisa digunakan untuk mendapatkan ilmu tentang agama Islam. Ada banyak buku, majalah, artikel, dan lainnya. Banyak pula Televisi dan radio yang menyiarkan ceramah agama Islam. Bahkan di masjid-masjid pun sudah banyak yang mengadakan pengajian-pengajian. Baik yang dilakukan secara rutin maupun tidak rutin. Antusiasnya masyarakat dalam mencari ilmu menjadi hal yang sangat positif.

Mengenai pertanyaan anda, yakni apa itu tuma'ninah dalam shalat. Tumani'nah ialah jeda waktu berhenti sejenak dalam setiap gerakan shalat yang dilakukan. Misalnya saat ruku' maka kita mesti tuma'ninah terlebih dahulu. Setiap kita mengerjakan shalat baik itu shalat wajib maupun sunah kita mesti tuma'ninah. Lalu, mengapa shalat harus tuma'ninah? Sebab kita bisa mendapatkan kekhusyukan dengan tuma'ninah itu. Bahkan tuma'ninah itu juga termasuk rukun shalat. Sedang bila shalat tidak dilakukan dengan tuma'ninah maka bisa tidak sah shalatnya. Begitulah pentingnya kita mengetahui arti tuma'ninah. Demikian penjelasan singkat kami semoga memberi manfaat. Wallahu a'alam.
Baca juga : Doa Sebelum Tidur Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Itu Tuma'ninah Dalam Shalat ?