Doa Sebelum Tidur Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membaca doa sebelum tidur lengkap arab latin dan artinya sudah diajarkan kepada kita semua semenjak masih di usia TK. Bahkan oleh bunda atau umi kita saat masih anak dalam usia 2 tahunan. Sehingga kini kita sudah hafal tanpa harus berusaha keras. Hanya saja, kedisiplinan kita mengamalkannya terkadang masih perlu dipertanyakan alias tidak bisa mesti tiap mau tidur membaca doa tersebut. Orang tidur diibaratkan seorang yang sedang mati untuk sementara. Coba klo kita tidur. Kita gak tahu peristiwa apa yang terjadi di sekitar. Bahkan kita disentuh oleh tangan orang lain pun gak terasa sama sekali. Misalkan ada bahaya yang mengintai kita pun tidak akan diketahui. Tak ada persiapan menanggulangi bahaya tersebut disebabkan ketiadaan mengetahui bahaya. Maka penting untuk kita membaca doa sebelum tidur. Supaya kita dilindungi Allah Swt. serta selalu dijaga tatkala dalam kondisi masih tidur. Lafaz doa sebelum tidur ialah

DOA SEBELUM TIDUR PERTAMA

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللّٰهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا
Latinnya : 
BISMIKA ALLAHUMMA AMUUTU WA AHYAA
Artinya : 
"Dengan nama-Mu, ya Allah. Aku mati dan hidup."

DOA SEBELUM TIDUR KEDUA

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اَللّٰهُمَّ أَحْيَاوَ بِاسْمِكَ أَمُوْتُ
Latinnya :
BISMIKA ALLAHUMMA  AHYAA WA BISMIKA AMUUT
Artinya :
"Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku mati".
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

DOA SEBELUM TIDUR KETIGA
Doa Sebelum Tidur

 اَللّٰهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ
Latinnya :
ALLAHUMMA QINII ‘ADZAABAKA YAUMA TAB’ATSU ‘IBAADAK. (Dibaca tiga kali).
Artinya : "Ya Allah! Jauhkanlah aku dari siksaanMu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hambaMu." (Dibaca tiga kali).

DOA SEBELUM TIDUR KEEMPAT

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ, وَبِكَ أَرْفَعُهُ,فَإِنْ أَمْسَكْتَ
 نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا, وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ
عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
Latinnya :
BISMIKA RABBII WA DHA’TA JANBII, WA BIKA ARFA’AHU, FA IN-AMSAKTA NAFSII FARHAMHAA, WA IN-ARSALTAHAA FAHFAZHHAA BIMAA TAHFAZHU BIHI ‘IBAADAKASHSHAALIHIIN.
Artinya :
" Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih."

DOA SEBELUM TIDUR KELIMA

Doa Sebelum Tidur

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ نَفْسِيْ وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا, لَكَ مَمَاتُهَا
 وَمَحْيَاهَا, إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا, وَإِنْ أَمَتَّهَا
فَاغْفِرْ لَهَا. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ
Latinnya :
ALLAHUMMA INNAKA KHALAQTA NAFSII WA ANTA TAWAFFAAHAA, LAKAMAMAATUHAA WA MAHYAAHAA, IN AHYAITAHAA FAHFAZH-HAA, WA IN AMATTAHAA FAGHFIRLAHAA, ALLAHUMMA INNII AS-A ALUKAL’AAFIYAH.
Artinya :
" Ya Allah. Sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milik-Mu. Apabila Engkau menghidupkannya, maka peliharalah. Apabila Engkau mematikannya, maka ampunilah. Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan."


Sangat pendek doanya. Gak perlu waktu yang banyak untuk menghafalnya. Meski ada pula yang agak panjang. Tetapi teman-teman jangan lupa bahwa ternyata adab-adab yang mesti dilakukan sebelum tidur. Diantaranya adalah :
1. Usahakan untuk tidak tidur hingga terlalu larut malam. 
2. Sangat bagus bila kita gosok gigi terlebih dahulu.
3. Melakukan wudhu terlebih dahulu.
4. Memakai pakaian yang bersih dan longgar.
5. Sebelum tidur kita periksa pintu dan jendela apakah sudah dikunci. Juga mengecek kompor apakah sudah dimatikan. Hal-hal lain yang mungkin membahayakan juga harus dicek dulu.
6. Bersihkan tempat tidur dari debu serta pastikan tak ada hewan yang mengganggu kita saat tidur.
7. Usahakan bisa berbaring dengan lambung yang kanan supaya detak jantung tidak terganggu dan jangan tidur telungkup. Posisi jantung ada di dada sebelah kiri.
8. Merenung dulu atas segala kegiatan yang dilakukan selama seharian penuh. Bila banyak kebaikannya kita bersyukur. Namun, jika banyak dosa maka perlu untuk membaca istighfar. 
9. Bertekad untuk bangun sebelum shalat subuh. Sehingga bisa melakukan shalat tahajud. Atau setidaknya tidak terlambat untuk menjalankan shalat subuh berjamaah di masjid.
Baca juga : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya.
Itulah beberapa adab saat sebelum tidur. Aktivitas ini rutin setiap hari. Bila kita bisa selalu membaca doa sebelum tidur maka betapa banyak pahala yang kita raih. Terpenting adalah membiasakan diri. Memang mungkin tidak mudah. Tetapi bila kita sudah memulainya maka lama kelamaan akan lancar juga.
Waktu tidur memang bermacam-macam. Sangat tergantung usia masing-masing orang. Dalam sehari, untuk balita sebaiknya 6-13 jam, anak-anak selama 6-13 jam, remaja selama 8-10 jam, dan orang yang dewasa selama 7-9 jam. Tetapi yang terpenting juga adalah kualitas tidur tersebut. Meski tidur sudah sesuai standar tetapi kalau kurang berkualitas maka tidak bagus juga. Sebaliknya ada juga yang tidur rata-rata cuma 6 jam sehari, mungkin karena kesibukkan dan aktivitasnya yang padat. Tetapi, meski tidur di bawah standar namun badannya juga tetap sehat dan prima. Tidur memang merupakan nikmat anugrah Allah Swt. Dengan orang tidur maka ia bisa mengistirahatkan tubuhnya. Ada banyak manfaat tidur bagi kesehatan, diantaranya ialah :
1. Dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh seseorang. Orang yang kekebalannya lemah maka akan mudah sekali terserang penyakit. Maka meski sesibuk aktivitas kita, jangan sampai melupakan tidur. Idealnya siang untuk bekerja sedang malam untuk beristirahat, yang salah satunya ya tidur ini.
2. Dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Organ pencernaan tubuh kita akan bekerja secara efektif saat seseorang sedang tidur.
3. Membantu tubuh mengeluarkan racun yang berbahaya. Banyak zat di dalam tubuh kita yang mesti harus dikeluarkan. Waktu pengeluaran tersebut terjadi di malam hari setelah isya. Maka akan sangat bagus bila kita selalu tidur saat malam.
4. Menyegarkan tubuh. Umumnya sesudah orang tidur maka ketika bangun di pagi harinya ia akan merasa segar dan fresh. Sudah siap untuk memulai ibadah dan aktivitas harian lainnya semisal bekerja, belajar, dan sebagainya.

Baiklah, semoga artikel di atas bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Sangat penting untuk kita perhatikan masalah tidur ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : doa angin kencang lengkap arab latin dan artinya .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Sebelum Tidur Lengkap Latin dan Artinya