Doa Hari Arafah Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar teman-teman semuanya? Semoga baik-baik saja. Kali ini kami mau menuliskan doa hari arafah lengkap latin dan artinya. Hari arafah sangat berkaitan dengan jamaah haji yang sedang melaksanakan puncak ibadahnya yakni wukuf di Arafah. Melakukan wukuf bukanlah sunah tetapi itu adalah kewajiban bagi para jamaah haji. Teman-teman mungkin bertanya juga tentang hari arafah itu kapan. Iya, setiap tahun pasti ada satu hari yang namanya hari arafah. Untuk mengetahuinya kita mesti membuka kalender penanggalan hijriyah. Banyak waktu ibadah kaum muslimin didasarkan dari kalender penanggalan hijriyah. Misalnya saja puasa wajib yang dilakukan pada bulan ramadan. Tidak ada nama bulan ramadhan selain adanya dari penanggalan hijriyah. Puasa sunah tengah bulan pun diambil dari penanggalan hijriyah. Maka bisa terjadi kita berpuasa sunah tiga hari di tengah bulan namun pada penanggalan masehi hari itu ada pada awal bulan. Termasuk pula ketika penentuan hari raya lebaran atau idul fitri. Kalender hijriyah yang dipakai. Perlu juga dipahami bahwasannya pergantian hari di penanggalan hijriyah ini berbeda dengan masehi. Pada kalender masehi hari berubah pada pukul dua puluh empat malam. Sedangkan pada kalender hijriyah, perubahan hari terjadi pada waktu maghrib setiap harinya.

Kembali kepada hari arafah tadi kapan. Hari arafah tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah ialah bulan ke dua belas. Setelahnya kita akan masuk ke bulan pertama dalam penanggalan hijriyah yakni bulan Muharram. Sedangkan untuk nama Arafah sendiri adalah tempat terbuka yang luas letaknya dekat dengan kota Makkah di Arab Saudi. Tentu saja tempat tersebut juga dekat dengan Masjidil Haram dan Kabah yang menjadi kiblat ketika kita mengerjakan ibadah shalat wajib maupun sunah. Sering pula tempat itu disebut padang arafah. Pada hari tersebut seluruh jamaah haji berkumpul di padang arafah. Tiada satu pun jamaah haji yang tidak hadir di situ. Bahkan bila mana terdapat jamaah haji yang sedang sakit baik ringan atau pun berat, selagi memungkinkan tetap dibawa ke padang arafah. Bagaimana pun caranya. Maka tak heran bila ditemui jamaah haji yang berkursi roda dan ditandu oleh orang lain tetap juga hadir di sana. Inilah puncaknya ibadah haji. Bila hal ini ditinggalkan maka ibadah hajinya menjadi tidak sah. Sehingga hajinya harus diulang pada musim haji tahun berikutnya. Oh iya, pada tanggal 9 Dzulhijjah tersebut juga terdapat ibadah puasa sunah sehari lamanya yang namanya ialah puasa arafah. Ini khusus dilakukan bagi kaum muslimin yang tidak mengerjakan ibadah haji.

Haji merupakan ibadah yang wajib untuk dikerjakan oleh setiap muslim. Baik itu laki-laki maupun wanita. Dengan catatan orang tersebut telah mampu mengadakan perjalanan ke tanah suci. Biaya untuk perjalanan ke tanah suci itu memang tidak setiap orang mampu membayarnya. Tidak sedikit dari kaum muslimin yang menjual asetnya misalnya tanah, mobil, dan lain sebagainya hanya untuk bisa berangkat haji. Tentu saja, aset yang dijual bukanlah barang yang paling penting yang dimilikinya. Misalnya rumah satu-satunya. Ketika dalam melaksanakan haji pun keluarga yang ditinggalkan tetap tidak boleh ditelantarkan. Bahkan untuk dapat berangkat haji, banyak pula dari kaum muslimin yang menabung penghasilan atau pendapatan yang dipunyai. Niat mereka begitu kuat untuk menunaikan ibadah yang termasuk rukun Islam kelima tersebut. Setelah bisa membayar pendaftaran ibadah haji, kita pun mesti sabar menunggu antrian untuk diberangkatkan. Bisa sampai lebih dari lima tahun untuk itu. Tetapi hal itu seharusnya tidak membuat suatu masalah tentunya karena memang telah ditentukan kuota untuk masing-masing negara di dunia ini. Setiap muslim yang hendak berhaji mestinya selalu sabar dan tetap menjaga niat di dalam hatinya.

Tentang ibadah haji dan wukuf di padang arafah ini juga terdapat dalilnya dari Al-Quran yakni pada Surat Al-Baqarah ayat 198 yang artinya " Bukanlah suatu dosa bagimu mencari karunia dari Tuhanmu. Maka apabila kamu bertolak dari Arafah, berzikirlah kepada Allah di Masy’arilharam. Dan berzikirlah kepada-Nya sebagaimana Dia telah memberi petunjuk kepadamu, sekalipun sebelumnya kamu benar-benar termasuk orang yang tidak tahu". 

Orang yang sedang melaksanakan wukuf di padang arafah dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Kita boleh berdoa memohon apa pun pada saat itu. Yang terpenting apa yang kita mohonkan itu merupakan kebaikan untuk dunia dan akhirat. Boleh pula kita mendoakan kebaikan dan kebahagiaan bagi keluarga, saudara maupun orang lain. Kita pun jangan lupa untuk membaca doa hari arafah lengkap latin dan artinya sebagaimana di bawah ini.

Doa Wukuf Arafah Lengkap Latin dan Artinya

لَا إِلٰـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،
 لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ،
 وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ﴾

Latinnya : LAA ILAAHA ILLALLAHU WAH DAHULAA SYARIIKALAHU, LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU, WA HUWA 'ALA KULLI SYAI IN QADIIR.
Artinya :
Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, Tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa ini berdasar hadits dari riwayat At-Tirmidzi. Kalau kita simak, doa tersebut tidaklah panjang. Kita bisa dengan mudah untuk menghafalkannya. Bila teman-teman pada saat ini belum berangkat haji maka kita bisa hafalkan. Bisa sebagai persiapan jauh-jauh hari sebelum ke tanah suci nanti. Sangat bagus bila kita sudah mulai menghafalkan doa tersebut sedari sekarang. Oh iya, pada tanggal 10 Dzulhijah yakni sehari setelah wukuf di padang arafah kaum muslimin merayakan hari raya idul adha. Setidaknya ada dua amalan yang utama dikerjakan pada hari tersebut yakni melaksanakan shalat idul adha pada pagi harinya. Kemudian setelah itu ada ibadah qurban atau penyembelihan hewan kurban berupa unta, sapi, dan kambing atau domba. Biasa pula kita temui banyak masjid-masjid, lembaga, yayasan, bahkan rumah yang melaksanakan penyelenggaraan ibadah tersebut. Untuk melakukan ibadah tersebut diharapkan membaca doa menyembelih hewan kurban dengan baik bagi orang yang menyembelih. Sampai di sini semoga artikel ini memberikan manfaat banyak bagi para teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Mohon Ampun Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Hari Arafah Lengkap Latin dan Artinya