Apa Wukuf Haji Itu ?

Arti Wukuf Haji

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya mau bertanya apa itu wukuf dalam haji ? Saya sering mendengar istilah wukuf ini. Apalagi kalau sudah dekat dengan bulan-bulan dilaksanakannya ibadah haji. Di berbagai pemberitaan sangat sering terdengar kata wukuf di Arafah. Itu di media radio dan televisi. Sedang dalam internet dan media sosial juga sering terdengar dan tertulis kata wukuf tersebut. Sebenarnya pengertian wukuf itu apa, Pak? Terima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Memang kata wukuf ini sudah bukan yang asing lagi di telinga kita. Tempat wukuf ada di padang Arafah. Secara bahasa wukuf berarti berdiam diri. Sedangkan secara istilah, wukuf adalah berdiam diri di Padang Arafah dalam rangka beribadah kepada Allah Swt. Wukuf termasuk rukun dalam ibadah haji. Jika dalam melaksanakan ibadah haji tidak melakukan wukuf maka hajinya tidak sah. Waktu pelaksanaan wukuf ini dimulai tatkala tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga terbitnya fajar di tanggal 10 Dzulhijah.  Dzulhijah merupakan nama bulan dalam tahun hijriyah. Para jamaah haji harus hadir di Arafah pada waktu tersebut. Meskipun ada jamaah yang sakit, tetap saja harus hadir di tempat tersebut. Kegiatan jamaah haji sedang melakukan wukuf antara lain dengan banyak shalat, berdzikir serta berdoa. Di saat itu juga mendengar khutbah di Arafah.

Dalil tentang wukuf ini, salah satunya dari Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 198 yang artinya :
" Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari 'Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy'arilharam. Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu; dan Sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar Termasuk orang-orang yang sesat."

Sedangkan dalil dari hadits Nabi Muhammad Saw. yakni " Haji adalah wukuf di Arafah, barang siapa yang wukuf di Arafah, maka dia dihukumi haji (yang sah), dan orang yang tidak wukuf di Arafah, maka hajinya tidak sah. "
(HR. Ahmad dan Tirmidzi).
Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu'alam.
Baca juga : 3 Macam Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Wukuf Haji Itu ?