Bagaimana Tulisan Allahu Akbar dan Artinya ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya mau bertanya bagaimana tulisan Allahu Akbar dan artinya apa? Dalam kehidupan sehari-hari saya sering mendengar lafazh tersebut. Misal saja saat berbincang dengan tetangga atau teman. Suatu saat saya menceritakan sesuatu yang luar biasa atau spektakuler langsung saja ada yang mengucapkan lafazh tersebut. Demikian juga dikala saya naik mobil bersama rombongan satu sekolah. Tatkala jalanan menanjak teman saya sebelah banyak mengucapkan lafazh itu juga. Lafazh azan pun juga di paling awal dan paling akhir juga dengan lafazh Allahu Akbar. Terima kasih sebelumnya atas jawaban Bapak.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Memang apa yang ditanyakan anda ini sangatlah penting. Saban hari kita pastinya mendengar lafazh Allahu Akbar itu. Tidak hanya dalam kesempatan-kesempatan yang telah anda sebutkan itu. Masih banyak momen lainnya yang kita temukan orang yang menyebut lafazh itu. Lafazh Allahu Akbar disebut juga lafazh takbir. Di saat kita shalat maka kita memulai dengan kalimat takbir yang disebut takbiratul ihram.

Berkaitan dengan bagaimanan tulisan Allahu Akbar dan artinya. Mari kita langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Tulisan Allahu Akbar

Kemudian untuk arti dari lafazh itu adalah Allah Maha Besar. Di sinilah ada makna yang mendalam tatkala kita mengucapkan lafazh tersebut. Kita mengakui bahwa semua yang selain dari Allah subhanahu wa ta'ala itu adalah kecil. Termasuk kita manusia. Kita amatlah kecil di hadapan Allah. Kita makhluk yang amat lemah. Tidak ada daya dan kuasa kecuali atas pertolongan dariNya. Maka ketika kita mengucapkan lafazh tersebut, di hati kita mestinya bertambahlah iman dan kebaikan. Demikian jawaban singkat dari kami. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Tulisan Allahu Akbar dan Artinya ?