Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap Dengan Arab Latin Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Lafazh bacaan takbiratul ihram lengkap dengan arab latin artinya memang amat penting untuk kita ketahui. Mengapa? Karena kita memiliki kewajiban untuk menjalankan shalat lima waktu yakni subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya. Selain itu ada pula shalat-shalat sunah lainnya seperti shalat tahajud, shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahiyatul masjid, sholat gerhana bulan dan shalat tarawih. Di dalam shalat itu pasti membaca takbiratul ihram. Di samping itu, juga melakukan gerakan takbiratul ihram. Baik itu laki-laki maupun perempuan.
Sebetulnya apa yang dimaksud takbiratul ihram tersebut ? Setiap hari kita melakukannya tetapi mungkin belum mengetahui pengertian secara mendalam. Takbiratul ihram ini merupakan bagian dari rukun shalat setelah niat. Maka setiap shalat bila tanpa takbiratul ihram menjadi tidak sah shalatnya. Pengertian dari takbiratul ihram ialah lafazh takbir pertama kali di dalam shalat yang menandakan pengharaman dari sesuatu yang tadinya halal. Maksud sesuatu yang tadinya halal itu yakni ketika di luar shalat kita boleh minum, berbicara dengan bebasnya, menggerakkan badan secara seenaknya, dan lain-lain. Nah, ketika kita sudah shalat dengan dimulainya dari takbir itu maka kita tidak diperbolehkan melakukan beberapa aktivitas tersebut. Bahwasannya shalat sendiri diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Ada yang menyebutnya adalah doa. Memang hakikatnya ibadah shalat itu adalah doa. 

Mengenai lafadz takbiratul ihram dengan artinya adalah :

Bacaan Takbiratul Ihram

Latinnya :
Allahu Akbar
Artinya :
" Allah Maha Besar."

Mengenai dalil tentang wajibnya bertakbir ada di dalam hadits riwayat Bukhari yang artinya " Bila engkau sholat maka bertakbirlah". Juga di dalam Al-Quran Surat Al Muddatsir Ayat 3 yang artinya " Dan Tuhanmu agungkanlah (bertakbirlah untuknya). 

Selanjutnya, bagaimana gerakan takbiratul ihram ? Ketika kita melafazhkannya tentu juga melakukan sebuah gerakan. Nah, saat takbiratul ihram kita hendaknya mengangkat tangan setinggi pundak dan kondisi jari-jari tidak mengepal. Posisi telapak tangan sekaligus jari-jarinya pun agar menghadap kiblat. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Muttafaqun Alaih yang artinya " bahwa Rasulullah Saw. mengangkat kedua tangannya setinggi pundaknya saat memulai shalatnya". Sebagian ulama bahkan berpendapat bahwa untuk laki-laki mengangkat tangannya sampai kedua telinganya. Sedangkan untuk wanita cukup mengangkat tangannya hingga pundaknya. Hal ini berdasar dari hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ad-Daruquthni yang artinya "bahwa Rasulullah Saw bila shalat mengangkat kedua tangannya hingga kedua jempol tangannya menyentuh kedua ujung telinganya". Jadi fokus tentang gerakan takbiratul ihram ini pada posisi tangan seseorang. Nah, semoga pembahasan ini memberikan manfaat untuk para pembaca semua yang berbahagia. Ilmu menjadi penerang kehidupan. Setiap muslim wajib untuk mencari ilmu. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Melepas Pakaian Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap Dengan Arab Latin Artinya