Apa Arti Maslahat Itu ?

Arti Maslahat

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Kala saya mendengar penceramah membahas sebuah tema tentang cara memakmurkan  masjid di acara pengajian rutin di tempat kami. Saya mendengar ada sebuah kata yang kurang bisa dipahami. Kata tersebut ialah maslahat. Sebetulnya apa arti maslahat itu pak ? Demikian pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya atas jawaban dan penjelasannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Ketika anda mendengar ceramah pengajian maka sama halnya anda telah melakukan sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Kewajiban yang dimaksud ialah menuntut ilmu agama Islam. Mengikuti pengajian akan mendatangkan banyak sekali manfaat bagi seorang muslim. Tanpa kita mau mengikuti kegiatan-kegiatan seperti pengajian maka banyak hal yang tidak kita bisa diketahui apa lagi dipahami dengan baik. Misalnya saja tentang bacaan takbiratul ihram di dalam shalat. Orang yang sering mengikuti pengajian tentu saja sudah sangat paham tentang hal itu. Berbeda sekali dengan orang-orang yang sangat jarang ikut pengajian. Memang proses mendapatkan ilmu itu tidak hanya dengan mendengar pengajian saja. Bisa pula dengan cara lainnya seperti membaca buku tentang agama.

Ketika anda menemukan sebuah hal yang tidak bisa dipahami dengan baik, lalu anda bertanya. Sebenarnya itu sebuah cara yang terbaik. Dengan mau bertanya maka hal itu telah menandakan anda termasuk orang yang ingin semakin baik. Berkaitan dengan pertanyaan anda. Apa arti maslahat itu? Di sini kami akan jelaskan bahwasannya maslahat itu artinya sesuatu yang mendatangkan manfaat atau kebaikan. Bila dikaitkan dengan masjid. Bahwa adanya masjid di suatu tempat akan mendatangkan manfaat atau kebaikan karena memudahkan masyarakat untuk bisa menjalankan shalat wajib secara berjamaah. Juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Demikian penjelasan kami semoga bermanfaat untuk anda. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Maslahat Itu ?