Apa Artinya Amma Ba'du ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sebagai seorang laki-laki muslim yang baik saya selalu melaksanakan ibadah shalat jumat di masjid. Saya selalu mengusahakan datang ke masjid sebelum adzan. Meski dalam kondisi bekerja pun, waktu tersebut harus berhenti dari segala aktivitas. Saat khotib menyampaikan khutbahnya saya mendengarkannya dengan serius. Meski kadang ada rasa kantuk tetap saya berusaha menahannya. Di dalam isi khutbah tersebut terdapat sebuah kalimat yang ingin saya tanyakan pada kesempatan ini. Apa artinya amma ba'du itu, Pak ? Tidak hanya sekali atau dua kali saja saya mendengar kalimat tersebut. Bahkan hampir setiap jumat saya mendengarnya dari sang khotib. Terutama di bagian awal khutbah. Bahkan tidak hanya saat mendengar khotbah jumat saja. Kala saya mengikuti pengajian di masjid pun tidak jarang para penceramah yang berpidato pun melafazhkan kalimat itu. Maka dari itu saya mohon dijelaskan artinya. Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sebagai seorang laki-laki muslim maka sudah sepantasnya untuk melaksanakan kewajibannya. Salah satu jenis kewajiban itu ialah mengikuti shalat jumat pada setiap hari jumat. Waktu pelaksanaanya tepat pada waktu masuk shalat dhuhur di siang hari. Meskipun pada hari itu tidak libur alias masih bekerja. Maka segala aktivitas pekerjaan dan perniagaan dihentikan terlebih dahulu. Kita mesti melaksanakan keajiban shalat jumat terlebih dahulu. Dalam melaksanakan shalat jumat, terdapat rangkaian yang juga harus diikuti yakni mendengarkan khutbah jumat. Mendengarkannya sangatlah penting. Di dalamnya banyak sekali manfaat selain juga mendapat pahala yang banyak tentunya.

Di dalam khutbah jumat, kita bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan juga nasihat-nasihat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Di situ, para khotib mengingatkan kepada para jamaah untuk selalu mentaati segala perintah Allah subhanahu wa ta'ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Memang di pembukaan atau awal khutbah, sering kita dengan khotib mengucapkan kalimat yang anda tanyakan itu. Yaitu kalimat amma ba'du. Sebelum kita membahas artinya maka kita simak terlebih dahulu tulisannya di bawah ini.

Tulisan dan Arti Amma Ba'du

Arti dari kalimat amma ba'du adalah adapun selanjutnya. Kalimat ini biasa digunakan untuk pemisah antara pembuka khutbah dan isi dari khutbah jumat. Termasuk ketika pidato pun tatkala digunakan kalimat tersebut maka fungsinya pun sama yakni sebagai pemisah antara pembukaan dan isi pidato atau ceramah pengajian. Demikian jawaban kami semoga memberi banyak manfaat. Wallahu a'lam.
Baca juga: Macam-macam Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Artinya Amma Ba'du ?