Macam-macam Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Latin dan Artinya

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini kita akan bahas macam-macam bacaan doa duduk diantara dua sujud yang benar sesuai sunah lengkap arab latin dan artinya. Setiap kita mengerjakan shalat mesti memakainya. Setidaknya ada satu kali gerakan seperti ini. Dalam sehari semalam hukumnya wajib bagi seorang muslim untuk menjalankan shalat subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya. Tidak boleh ditinggalkan meski hanya satu waktu saja. Kalau dihitung jumlah rakaatnya semuanya ada 17. Sehingga kita melakukan gerakan duduk diantara dua sujud ini juga tujuh belas kali. Membacanya doa pada saat posisi gerakan itu pun berkali-kali dalam sehari semalam. 
Kita mungkin telah membaca salah satu bacaan duduk diantara dua sujud. Sedari kecil sudah dihafal dan dipraktekkan. Tetapi, ternyata ada bacaan doa yang lainnya. Tidak tepat pula kalau sebuah bacaan disebut dari sebuah organisasi keagamaan. Misal kalau yang semacam ini termasuk bacaan doa duduk diantara dua sujud Muhammadiyah. Sedang bacaan yang ini dari organisasi yang lainnya dan seterusnya.  Mengenai bacaan duduk diantara dua sujud ada beberapa macam, yaitu:

PERTAMA

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Latinnya : 
RABBIGHFIRLII RABBIGHFIRLII
Artinya :
"Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku, wahai Tuhanku, ampunilah dosaku."
Bersumber dari Hadits Riwayat Ibnu Majah.

KEDUA

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya :
ALLAHUMMAGHFILII WARHAMNII WAHDINI WAJBURNII WA’AAFINII WARZUQNII WARFA’NII 
Artinya :
"Ya Allah, ampunilah dosaku,  berilah rahmat kepadaku, tunjukkanlah aku (ke jalan yang benar), cukupkanlah aku, selamatkan aku (tubuh sehat dan keluarga terhindar dari musibah), berilah aku rezeki (yang halal) dan angkatlah derajatku."

KETIGA

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WAHDINII WARZUQNII 
Artinya :
" Ya Allah, ampunilah aku, dan belas kasihanilah aku dan cukupilah aku dan tunjukilah aku dan berilah rezeki padaku."

KEEMPAT

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya : 
RABBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARZUQNII WARFA’NII
Artinya :
" Ya Tuhanku, ampunilah aku, dan kasihanilah aku, dan cukupilah aku, dan berilah rizki kepadaku dan tinggikanlah aku."

KELIMA

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya :
RABBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHDINII
Artinya :
"Ya Allah ampunilah aku dan kasihanilah aku dan cukupkanlah aku dan tinggikanlah derajatku dan berilah rezeki dan petunjuk untukku."
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya .

KEENAM

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya :
ALLAHUMMAGHFILII WARHAMNII WAJBURNII WAHDINII WARZUQNII WA’AAFINII WARFA’NII
Artinya :
"Ya Allah ampunilah aku dan sayangilah aku dan tutuplah kekuranganku dan anugrahkan kepadaku petunjuk dan berikanlah padaku rizki dan sehatkanlah aku dan angkatlah derajatku."

KETUJUH

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya :
RABBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA'NII WARZUQNII WAHDINII WA'AAFINII WA' FU'ANNII
Artinya :
"Ya Allah, ampunilah dosaku dan belas kasihanilah aku dan cukuplah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan maafkanlah aku."

KEDELAPAN

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud
Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WA’AAFINII WAHDINII WARZUQNII
Artinya :
" Ya Allah ampunilah aku, dan sayangilah aku, dan sehatkanlah aku, dan anugrahkan kepadaku petunjuk, dan berikanlah padaku rizki."

Ada bacaan duduk diantara dua sujud yang singkat sekali dan ada pula yang agak panjang. Tetapi semuanya relatif mudah dihafalkan. Kita bisa memilihnya salah satu. Di dalam bacaan doa duduk diantara dua sujud ini di dalamnya ada lafadz "RABBIGHFIRLII" (Ya Allah, ampunilah dosaku) dan "ALLAHUMMAGHFIRLII" (Ya Allah ampunilah aku) yang maknanya permohonan ampun atas salah dan dosa kita. Siapakah manusia yang tidak punya salah dan dosa? Tidak ada kecuali Nabi dan Rasul. Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, yakni : "Seluruh Bani Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan (dosa), dan sebaik-baik manusia yang banyak kesalahannya (dosanya) adalah yang banyak bertaubat."
Untuk lafadz "WARHAMNII" (dan belas kasihanilah aku) memiliki makna pentingnya kasih syang Allah Swt. Kita amat perlu kasih sayang-Nya. Allah Yang Maha Pengasih kepada semua hamba-Nya yang beriman. Hidup akan terasa tentram dan nyaman. Enak menjalani kehidupan sehari-hari. 
Lafadz "WAJBURNII" (dan cukupkanlah aku) bermakna kita hamba-Nya memohon dicukupkan dari segala kekurangan. Jujur saja bila kita mau mengecek dan introspeksi diri, banyak kekurangan yang kita miliki. Mungkin kurang sabar, kurang qanaah , kurang syukur, kurang bersemangat ibadah, dan lain-lain. Kita sangat perlu pertolongan Allah Swt. agar selalu diperbaiki dan dicukupkan dari segala kekurangan. 
Baca juga : Doa Perlindungan Untuk Anak Lengkap Arab Latin dan Artinya.
Mengenai lafadz "WAHDINII" (dan tunjukilah aku) memiliki makna bahwa kita perlu sekali petunjuk Allah Swt. dalam hidup ini. Agar hidup bisa selamat dunia akhirat tentu saja tidak boleh mengesampingkah hidayah Illahi. Kebahagiaan dapat diraih hanya dengan petunjuk Allah Swt. Dalam menentukkan jalan hidup pun harus sesuai dengan petunjuk-Nya.
Tentang lafadz "WA’AAFINII" (dan sehatkanlah aku) maknanya kita mohon dimaafkan atas segala salah. Allah Maha Pemberi. Sehat merupakan nikmat terbesar kedua setelah memiliki iman. Dengan kesehatan banyak hal yang bisa dikerjakan. Ibadah pun lancar. Makan pun terasa enak. Apa saja mudah dilakukan. 
Selanjutnya, mengenai lafadz "WARZUQNII" (karuniakanlah padaku rizki) bermakna kita mohon diberi rezeki. Kita mesti yakin bahwa rezeki itu datangnya dari Allah Swt. Mengenai bekerja, berdagang, maupun lainnya itu hanyalah jalan saja. Sumbernya tetap dari Allah Maha Pemberi Rizki. Dia yang mampu mendatangkan rezeki kepada kita baik dengan jalan tak terkira maupun dapat diperkirakan arahnya.
Lafadz "WARFA'NII" (dan angkatlah derajatku) memiliki makna kita mohon agar derajat kita ditinggikan oleh Allah Swt. Dengan diangkatnya derajat maka manusia akan mulia. Tidak ada yang mampu menghinakannya. Sedangkan, untuk lafadz "WA' FU'ANNII" bermakna permohonan agar dimaafkan kesalahan kita. Kita memiliki kesalahan-kesalahan. Allah Swt. Maha Pemaaf. Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin Artinya dan Keutamaannya .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Macam-macam Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Latin dan Artinya