Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?

Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saya seorang yang baru mulai belajar bagaimana cara membaca Al-Quran. Dalam belajar membaca Al-Quran saya mencari cara yang terbaik. Bisa dibilang mencari metode apa yang paling cocok buat saya. Dari saran seorang teman, saya diminta untuk mencoba dengan metode iqra yang sudah terkenal di seantero nusantara bahkan sampai di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Saya pun mengiyakan nasihat tersebut. Tiap sepekan tiga kali saya belajar menggunakan buku Iqro itu. Yang perlu saya tanyakan di sini. Di dalam sampul buku iqro itu ada tulisan. Apa arti tulisan arab di sampul buku iqro itu ya, Pak? Karena saya masih awam jadi sangat perlu untuk menanyakan akan hal ini. Terima kasih sebelumnya atas jawaban dan penjelasannya juga.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Belajar untuk bisa membaca Al-Quran tidaklah ada kata terlambat. Meski pun usia kita mungkin sudah bukan anak-anak atau remaja lagi. Tetap saja ada perintah untuk mempelajari buku iqra tersebut. Sampai kita bisa membaca Al-Quran dengan lancar dan benar. Dalam prosesnya memang tidaklah sebentar. Tetapi ketekunan dan kesabaran kita akan menjadi sukses akhirnya. Belajarnya kita pun akan diberi pahala yang besar. Orang yang menuntut ilmu membaca Al-Quran akan memperoleh kemuliaan.
Banyak sekali memang metode untuk belajar membaca Al-Quran. Salah satu yang terkenal memang adalah metode iqro. Sebuah metode yang praktis bagaimana bisa membaca Al-Quran. Adalah KH. As'ad Humam dari Kotagede, Yogyakarta yang menemukan metode ini. Beliaulah pula yang kemudian menyebarkan metode ini sehingga dapat dikenal luas oleh masyarakat muslim. Metode ini menggunakan buku sejumlah enam jilid. Bukunya dinamakan buku iqro.

Memang kalau kita cermati bahwasannya di sampul buku iqro itu terdapat tulisan arab. Ada dua tulisan di situ. Yang pertama adalah tulisan

tulisan iqra

Yang artinya bacalah. Hal ini sebagaimana ayat pertama dari Surat Al-'Alaq. Kemudian pada sampul buku iqro itu di atasnya ada lagi tulisan arab yakni :

tulisan arab buku iqro

Tulisan tersebut sebetulnya adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. Bila kita tulis lagi hadits tersebut adalah 
hadits pada sampul buku iqro
Arti dari tulisan arab dari hadits tersebut adalah "Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya." Dalam hadits ini sangat jelas disebutkan bahwa orang yang baik itu ialah mereka yang mau belajar Al-Quran. Setelah itu, orang yang belajar itu mengajarkannya kepada orang lain. Inilah sebuah cara mulia untuk menjadi orang yang sebaik-baiknya.ّ Demikian penjelasannya semoga menambah manfaat. Wallahu a'lam.
Baca juga : doa turun hujan arab allahumma shoyyiban nafi'an lengkap dengan artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?