Hukum Tajwid Surat Ali-Imran Ayat 18 Dilengkapi Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sangat berbahagia hati kami dengan bisa menulis di blog kesayangan ini. Dalam momen yang bagus ini kami akan menuliskan analisis tajwid. Tepatnya mengenai hukum tajwid dari Surat Ali-Imran ayat 18. Satu ayat saja tidak masalah untuk kita bahas pada kesempatan kali ini.

Agar teman-teman pembaca semakin mudah memahaminya maka dilengkapi juga dengan alasan atau penjelasannya. Dengan begitu maka teman-teman pembaca akan menjadi mudah dalam memahaminya. Sederhana ilmu ini sepertinya. Akan tetapi manfaatnya sangat besar. Baik, silakan langsung saja disimak di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Ali-Imran Ayat 18 Dilengkapi Dengan Penjelasannya

Keterangan lengkap dari hukum tajwid di atas adalah:

1. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah dal berharakat dhamah. Cara membacanya secara tebal.

2. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahanselama  3 harakat.

3. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

4. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

5. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu waqaf, hamzah, sukun, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

8. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

9. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf 'ain. Dibaca secara jelas.

10. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

11. Iqlab karena huruf mim berharakat fathah tanwin bertemu huruf ba. Cara membacanya dengan tanwin berubah menjadi mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.

12. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.

13. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca selama panjang 2, 4 atau 5 harakat.

Silakan baca juga artikel : Doa Mendengar Petir Yang Lengkap Dengan Artinya.

14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

16. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf 'ain. Dibaca dengan jelas.

17. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf zai berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha'. Untuk itu kita baca secara jelas.

19. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan selama 2 sampai 6 harakat.


Nah, begitulah analisis tajwidnya. Semoga saja dengan adanya tulisan ini hadir bisa menjadi tambahan referensi yang berharga buat teman-teman pembaca semuanya. Insya Allah kita berjumpa kembali pada tulisan menarik yang lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Ali-Imran Ayat 18 Dilengkapi Dengan Penjelasannya

0 comments:

Posting Komentar