Doa Mendengar Petir Lengkap Latin dan Artinya

Doa Ketika Mendengar Petir

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membaca doa mendengar petir lengkap latin dan artinya sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Petir ini sering pula disebut sebagai kilat, halilintar, geledek, gluduk, atau guntur. Ketika saat musim hujan tiba kita sering mendengarnya. Suaranya begitu keras sekali. Tidak jarang kita menjadi kaget tatkala mendengar suaranya. Orang yang dewasa saja bisa kaget apalagi anak-anak yang masih kecil. Seorang anak kecil biasanya memeluk ayah atau ibunya bila melihat cahaya yang menjadi tanda akan munculnya petir ini. Di wilayah mana saja bila sudah masuk musim penghujan maka kerap kali muncul petir ini. Tidak mesti kemunculannya. Baik itu setiap waktu sore, malam atau pagi. Tetapi umumnya kalau pagi jarang memang ada petir. 

Ketika musim hujan tiba maka kita pun sering membaca doa turun hujan dengan khusyuk. Karena bagaimana pun hujan itu adalah rezeki yang diberikan Allah subhanahu wa ta'ala. Adanya hujan menjadikan air yang berlimpah di muka bumi. Tanah yang sebelum gersang dan kering saat musim kemarau menjadi basah kembali. Segala rerumputan dan tanaman bisa tumbuh kembali dengan subur. Pemandangan hijaunya tumbuh-tumbuhan pun kembali ada. Para petani, peternak, dan manusia pada umumnya merasa bahagia sekali dengan adanya hujan ini. Maka hujan mesti harus disyukuri adanya. Membaca doa saat hujan turun hendaknya tidak dilupakan. 

Adanya petir kadang dikaitkan dengan akan adanya hujan yang segera turun. Sebagaimana mendung. Saat mendung mulai menghitam pekat di angkasa maka biasanya akan segera turun hujan yang amat deras. Memang ada benarnya pernyataan tersebut. Umumnya bila ada petir dan mendung itu pertanda hujan akan segera turun. Meskipuan memang petir juga muncul bersamaan hujan yang lebat. Kita sebagai manusia pun hendaknya melakukan hal yang bijaksana mensikapi hal itu. Tidak sedikit orang-orang yang mengucapkan kata-kata atau lafazh tertentu saat mendengar adanya petir. Kita sebagai kaum muslimin punya adab yang sangat mulia tatkala menemui suara petir tersebut. Adab tersebut yakni dengan membaca doa mendengar petir lengkap latin dan artinya. Mengenai lafazhnya yakni :
PERTAMA :

Doa Mendengar Petir

Latinnya :
SUBHAANAL LADZII YUSABBIHUR RA'DU BIHAMDIHI WAL MALAA IKATU MIN KHIIFATIHI.
Artinya :
Maha Suci Allah yang petir bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya.

KEDUA :

Doa Mendengar Halilintar

Latinnya :
SUBHAANAL LADZII SABBAHAT LAHU.
Artinya :
Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.

KETIGA :

Doa Ketika Mendengar Petir Menggelegar

Latinnya :
ALLAHUMMA LAA TUQTULNAA BI GHADHABIKA WA LAA TUHLIKNAA BI 'ADZAABIKA WA 'AAFINAA QABLA DZAALIKA.
Artinya :
Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murkaMu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu.

Kita bisa membaca salah satu dari tiga doa di atas. Yang pendek atau juga yang panjang. Kita sebagai seorang manusia itu meski mengakui bahwa kita itu hamba yang lemah. Tidak ada suatu daya dan upaya melainkan atas pertolongan dariNya. Kita mesti banyak memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Berdoa merupakan salah satu wujud kita ini sebagai seorang hamba yang taat. Saat kita mendengar petir atau halilintar maka rasa takut tentu ada. Munculnya tidak hanya sekali atau dua kali. Namun bisa berkali-kali. Suaranya yang sangat keras dan menggelegar memekakkan telinga menjadikan kita sering menutup kedua telinga. Termasuk saat di luar rumah lalu ada petir maka kita mengajak anak-anak masuk rumah. Menakutkan memang. Tatkala duduk pun bila mau ada petir kita langsung menunduk. Memang ada cahaya terang yang muncul sesaat sebelum suara petir muncul menggelegar. Tidak sedikit pula orang yang tersambar oleh petir. Bahkan banyak pohon yang tinggi pun juga tersambar oleh petir.

Mungkin ada orang yang bertanya-tanya. Apakah petir itu ada manfaatnya ? Jawabannya ternyata petir itu ada manfaatnya. Inilah hikmah adanya petir itu. Beberapa manfaat petir itu antara lain :
1. Adanya petir sangat membantu kesuburan tanah.
Meski petir itu menakutkan tetapi manfaatnya amat luar biasa. Penting sekali untuk menyuburkan tanah. Zat Nitrogen akan diperoleh banyak oleh tanah kala terjadi petir. Sedangkan tanah akan semakin subur bila memiliki zat Nitrogen yang cukup. Ketika tanah sudah subur maka tanaman akan bagus. Apa saja yang tumbuhan di atas tanah akan semakin baik. Misalnya buahnya akan semakin bagus dan manis. Bila sawah subur maka hasil panen padi pun akan melimpah. Tanaman jagung yang ditanam di ladang pun hasilnya akan lebih banyak. Jadi, saat tanah menjadi subur maka manusialah yang akhirnya menerima manfaatnya yang besar. Maha Suci Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Bijaksana.
2. Petir dapat menghancurkan kuman dan bakteri.
Sambaran petir dapat menghancurkan kuman. Kita sering mendengar bahwasannya adanya kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan manusia menjadi sakit. Dengan hilang atau terbunuhnya kuman dan bakteri yang menjadi sumber penyakit maka manusia mendapat manfaat yang besar yakni terhindar dari sakit. Inilah bukti bahwa petir ternyata memberikan manfaat bagi manusia.

Mungkin saja masih ada manfaat lainnya dari adanya petir ini yang belum kami ketahui. Intinya kita mesti tidak mengabaikan masalah petir. Kita juga tidak boleh mencela adanya petir. Kita diperintahkan untuk membaca doa tatkala ada petir. Mempelajari doa mendengar petir lengkap latin dan artinya menjadi bagian yang penting untuk kita lakukan. Adab membaca doa yang penting ini juga tidaklah sulit dikerjakan. Siapa saja bisa melakukannya. Baik itu anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia. Dengan berdoa maka kita akan tetap tenang meski ada banyak petir. Sampai di sini semoga artikel ini membawa kemanfaatan bagi para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Mendengar Petir Lengkap Latin dan Artinya