Isi Kandungan Surat An-Nas

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Topik kajian kita kali ini mengenai isi kandungan Surat An-Nas. Mengkaji ilmu tidaklah ada batasan waktunya. Dalam arti meskipun kita sudah berusia tua pun tetap saja bagus untuk digunakan mengkaji ilmu agama. Apalagi untuk sebagian kita yang masih muda belia. Akan sangat sayang jika tidak punya keinginan kuat untuk belajar agama. Tiada terlambat untuk mempelajari agama Islam yang agung ini. 

Waktu yang kita punyai setiap hari tentu ada yang bisa diisi untuk belajar agama. Dengan mau belajar agama maka kita akan bertambah ilmunya. Dari ilmu tersebut nanti akan memberikan kepahaman kepada kita. Masalah pemahaman tentang agama ini amatlah penting karena nantinya bisa berpengaruh kepada cara berpikir dan juga tindakan sehari-hari. Akhlak yang mulia bisa terbentuk dengan mudah jika didasari kepahaman ilmu agama Islam.

Belajar memang tidak bisa satu waktu selesai. Bahkan untuk bisa sukses dalam belajar itu perlu proses yang tidak sebentar. Bahkan bertahun-tahun baru selesai untuk mempelajari satu bidang ilmu saja. Termasuk dalam hal ini mengenai mengkaji agama Islam ini. Kita perlu melakukannya secara bertahap. Sedikit-sedikit namun rutin dikerjakan. Akhirnya pun nanti akan sampai juga. Kali ini kita akan mempelajari isi kandungan Surat An-Nas. Teman-teman tentu sudah amat sering mendengar bacaan dari Surat An-Nas ini. Surat ini adalah yang ke-114 di dalam Al-Quran. 

Biasanya para imam saat shalat berjamaah membaca Surat-surat pendek di dalam Al-Quran. Satu diantara surat yang pendek dan sering dibaca itu ialah Surat An-Nas tersebut. Menjadi sesuatu yang amat penting untuk kita mempelajarinya. Tidak hanya mempelajari hukum tajwid surat an-nas saja, tetapi lebih dari itu yang perlu kita pelajari. Isi kandungan dari Surat An-Nas menjadi hal yang penting juga untuk dipelajari. 

Sebelumnya, kita simak berikut ini bacaan Surat An-Nas lengkap dengan artinya.

Isi Kandungan Al-Quran Surat An-Nas


Arti atau terjemahan dari Surat An-Nas tersebut yakni:

ayat 1 : Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

ayat 2 : Raja manusia,

ayat 3 : sembahan manusia,

ayat 4 : dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

ayat 5 : yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

ayat 6 : dari (golongan) jin dan manusia."


Kemudian kita akan membahas isi kandungannya. Berikut ini isi kandungan dari Surat An-Nas dari ayat 1 sampai 6. Silakan teman-teman menyimaknya:

1. Memohon perlindungan hanya kepada Allah subhanahu wa ta'ala saja. Dia lah tempat perlindungan dari segala kejahatan.

2. Allah subhanahu wa ta'ala merajai dan menguasai seluruh manusia di seluruh permukaan bumi ini.

3. Allah subhanahu wa ta'ala merupakan sesembahan manusia. Tiada yang berhak disembah selain dari Allah subhanahu wa ta'ala.

4. Munculnya bisikan was-was bisa berasal dari golongan jin dan manusia. Kita diminta untuk berlindung kepada Allah subhanahu wa ta'ala dari was-was tersebut.


Demikian isi kandungan dari Surat An-Nas. Satu perbendaharaan ilmu telah kita peroleh. Kita sudah tahu sekarang mengenai isi kandungan surat yang ke-114 di dalam Al-Quran. Dengan mempelajarinya maka kita akan bertambah pemahamannya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca semuanya. Wallahu a'lam. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Isi Kandungan Surat An-Nas

0 comments:

Posting Komentar