Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 24 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sudah sekian lama kita belajar mengenai hukum tajwid. Kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam dan terperinci mengenai hukum tajwid Surat Ibrahim ayat 24 lengkap disertai keterangan atau penjelasannya. Tatkala kita membaca ayat-ayat Al-Quran, terkhusus pada ayat 24 dalam Surat Ibrahim tersebut maka belajar mengenai aneka hukum bacaanya menjadi sangatlah penting.


Kita mesti terlebih dahulu mengetahui berbagai hukum tajwid yang ada di dalam sebuah ayat. Dengan begitu, kala membacanya nanti kita akan mudah. Kualitas bacaan Al-Quran kita pun bagus karena sudah sesuai dengan kaidahnya. Teman-teman yang berbahagia, dalam rangka membantu untuk teman-teman bisa mengetahui hukum tajwidnya maka silakan saja simak di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 24

Penjelasan lengkap dari hukum tajwid di ayat tersebut yakni:

1. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.

2. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf kaf berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ba berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

4. Ikhfa karena huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

5. Ikhfa karena huruf ta berharakat fathah tanwin bertemu huruf tha. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat. 

6. Ikhfa karena huruf ta berharakat fathah tanwin bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

7. Ikhfa karena huruf ta berharakat kasrah tanwin bertemu huruf tha. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 

8. Idzhar sebab huruf ta berharakat kasrah tanwin bertemu huruf hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

9. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Silakan baca pula artikel : doa setelah adzan dilengkapi artinya.

11. Idgham bighunnah karena huruf ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.

12. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

13. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin ).

14. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.


Demikian analisis hukum tajwid dalam Surat Ibrahim ayat 24. Harapan kami, sedikit yang kami tuliskan ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca semua. Kiranya sampai di sini dahulu. Insya Allah kita akan bertemu kembali dengan analisis hukum tajwid dari surat dan ayat-ayat Al-Quran yang lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 24 Lengkap