Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 9

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sudah setiap hari kita membaca ayat-ayat Al-Quran. Utamanya di saat sedang mengerjakan ibadah shalat wajib lima waktu serta shalat-shalat sunah lainnya. Maka belajar mengenai cara membaca Al-Quran menjadi sesuatu yang utama dalam hidup kita. Mengapa? Sebab kebutuhan mengenai kemampuan baca Al-Quran ini amat penting. Untuk bisa mampu membaca Al-Quran maka kita perlu mempejalari hukum tajwid dari tiap ayat yang akan dibaca. Sebagai contoh untuk kali ini kita mencoba mengulas hukum tajwid di dalam Al-Quran Surat Al-Anfal ayat 9. Oke, kita simak langsung saja uraian tajwidnya berikut.

Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 9 Lengkap

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah:

1. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ghain berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tsa berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf fa. Cara membacanya dengan jelas.

4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf jim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf hamzah. Cara membacanya dengan jelas.

6. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Ikhfa syafawi sebab huruf mim sukun bertemu huruf ba. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.

8. Idgham bighunnah karena huruf fa berharakat kasrah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

9. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

10. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

11. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Setelah kita ulas hukum tajwid untuk ayatnya di atas maka tinggal dipraktekkan dalam bacaan nantinya. Insya Allah kualitas bacaan kita semakin baik dan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 9