Firman Allah Tentang Rendah Hati Adalah

Ayat Al-Quran tentang rendah hati


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Pak, ini saya mau tanya mengenai firman allah tentang rendah hati adalah di ayat berapa saja ya? Saya ingin tahu. Terima kasih atas jawaban yang diberikan.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Sikap rendah hati termasuk bagian akhlakul karimah atau akhlak mulia. Orang yang memiliki sifat rendah hati maka ia akan terjauhkan dari kesombongan. Sifat sombong sangatlah dibenci oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Termasuk seluruh manusia pun membenci dengan sifat sombong ini. Bahkan orang yang sombong pun tidak suka dengan orang lain yang sombong.


Di Al-Quran terdapat banyak ayat yang berkaitan dengan rendah hati. Diantara firman allah tentang rendah hati adalah

1. Al-Quran Surat Al-Hijr ayt 88


لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ اِلٰى مَا مَتَّعْنَا بِهٖٓ اَزْوَاجًا مِّنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ


Artinya:

Jangan sekali-kali engkau (Muhammad) tujukan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang kafir), dan jangan engkau bersedih hati terhadap mereka dan berendah hatilah engkau terhadap orang yang beriman.


2. Al-Quran Surat Asy-Syuara' ayat 215


وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ۚ


Artinya:

dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu.


3. Al-Quran Surat Al-Furqan ayat 63


وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا


Artinya:

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,”


4. Al-Quran Surat Al-Qasas ayat 83


تِلْكَ الدَّارُ الْاٰخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِيْنَ لَا يُرِيْدُوْنَ عُلُوًّا فِى الْاَرْضِ وَلَا فَسَادًا ۗوَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ


Artinya:

Negeri akhirat itu Kami jadikan bagi orang-orang yang tidak menyombongkan diri dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu bagi orang-orang yang bertakwa.


5. Al-Quran Surat Luqman ayat 18


وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ


Artinya:

Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.


6. Al-Quran Surat As-Sajdah ayat 15


اِنَّمَا يُؤْمِنُ بِاٰيٰتِنَا الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِّرُوْا بِهَا خَرُّوْا سُجَّدًا وَّسَبَّحُوْا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ


Artinya:

Orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, hanyalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengannya (ayat-ayat Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, dan mereka tidak menyombongkan diri.


7. Al-Quran Surat Al-Isra ayat 37


وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۚ اِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْاَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُوْلًا


Artinya:

Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung..


Inilah beberapa ayat Al-Quran tentang rendah hati. Demikian semoga kita terjauhkan dari sifat sombong dan kita diberikan sifat rendah hati. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Firman Allah Tentang Rendah Hati Adalah